Kunjungan Annual Meeting WB ke NTB Diharapkan Buka Peluang Investasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

244

LOMBOK — Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu daerah yang akan dikunjungi peserta delegasi annual meeting world bank di Bali dari berbagai negara.

“Dipilihnya NTB sebagai salah satu daerah kunjungan peserta delegasi annual meeting world bank nantinya diharapkan akan semakin membuka peluang masuk investasi dari berbagai negara yang hadir,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (1/3/2018).

Kunjungan tersebut sendiri dilakukan dalam rangka melihat secara langsung kesiapan infrastruktur yang ada di kawasan tersebut sebagai bagian kesiapan menyambut Pertemuan Tahunan IMF World Bank Grup di Bali.

Selaku Ketua Panitia Nasional, Luhut menyatakan NTB sudah siap menyambut annual meeting IFM-World Bank Group, bulan Oktober 2018 mendatang. Secara keseluruhan, lokasi tersebut menurutnya, sudah dianggap layak untuk dikunjungi ribuan delegasi dari berbagai negara.

“Meskipun dari segi infrastruktur sudah relatif baik dan dinyatakan siap. Namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan segera dibenahi, di antaranya masalah kebersihan kawasan, sehingga harapannya, bulan September nanti, semua sudah rampung,” harapnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengungkapkan NTB akan mendapatkan manfaat dari event tahunan tersebut, karena merupakan salah satu daerah yang akan dikunjungi delegasi dari berbagai negara tersebut.

Ia mengatakan, selain NTB, beberapa daerah lain juga akan dikunjungi para peserta, antara lain Banyuwangi, Sulsel dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk NTB sendiri terdapat beberapa spot yang menjadi lokasi kunjungan para delegasi. Yaitu, KEK Mandalika, Gili, Senggigi, Dusun Sade dan beberapa kawasan strategis lainnya di NTB. Salah satu manfaat yang akan diperoleh NTB menurut Sri Mulyani, adalah peluang investasi dari berbagai investor dunia.

“Kami ingin memastikan kesiapan daerah-daerah sekitar terkait annual meeting IMF World Bank, baik masalah infrastruktur yang mendukung seperti jalan, penginapan serta kebersihan destinasi yang akan dikunjungi,” harapnya.

Dalam kunjungam tersebut, selai Menko Kemaritiman dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, turut serta juga Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardjojo.

Baca Juga
Lihat juga...