Lapangan Merdeka, Area Wisata Sepeda, Jogging dan Kuliner

Editor: Satmoko

444

BALIKPAPAN – Lapangan Merdeka adalah salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan timur. Lokasi yang berada di pusat kota minyak dan perkantoran Pemerintah Kota Balikpapan ini menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga pada pagi hari maupun sore hari di kala week end.

Bagi masyarakat Balikpapan, lapangan merdeka tentu tidak asing karena di lokasi area ini warga bisa melakukan jogging, bersepeda dan bermain maupun berkumpul bersama keluarga. Area ini cukup luas, ditambah berdekatan dengan Pantai Melawai.

Jika Anda baru berkunjung ke kota Madinatul Iman ini, tentu objek wisata ini cukup wajib dikunjungi karena bisa hanya datang menggunakan angkutan kota atau pun kendaraan pribadi. Bisa pula langsung merasakan suasana keramaian. Pengunjung juga tak perlu merogoh receh yang besar, mengingat jika ingin menikmati kuliner yang ada juga sesuai dengan isi kantong.

Suasana jogging di area Lapangan Merdeka. Foto: Ferry Cahyanti

Di Lapangan Merdeka ada berbagai kuliner dari makanan ringan hingga berat, fasilitas penyewaan sepeda, area bermain anak seperti layang-layang, sepatu roda, dan sepak bola, yang menjadi gambaran betapa luas area ini. Bahkan setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.00 -10.00 wita di area ini sampai tak bisa dilalui kendaraan karena khusus digunakan jogging dan olahraga lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin menyewa sepeda hanya dengan merogoh Rp10.000 dan Rp15.000 untuk sepeda kecil dan besar, dapat digunakan di sekitar area lapangan. Untuk kuliner, menunya pun bervariasi dari makanan yang dikenal dengan sebutan salome, hingga lontong sayur dan nasi kuning juga ada di sini. Bahkan di Lapangan Merdeka ini juga bisa dijadikan tempat menunjukkan bakat seperti seni.

Arni, salah seorang pengunjung mengungkapkan, Lapangan Merdeka salah satu tempat ngumpul asyik di Kota Balikpapan, hampir sama dengan Taman Kota Bandung.

“Lapangan ini dilengkapi dengan area jogging dan banyak yang memanfaatkan lapangan untuk melakukan olahraga ringan,” katanya, Minggu (25/3/2018).

Suasana warga yang menikmati ragam kuliner di area Lapangan Merdeka. Foto: Ferry Cahyanti

Pengunjung lainya, Artha mengatakan, Lapangan Merdeka adalah salah satu jenis tempat wisata di Balikpapan yang dapat dinikmati untuk berkumpul bersama keluarga dan anak-anak. Apalagi lapangan ini sangat asri untuk dijadikan tempat wisata yang murah meriah.

“Tempat ini menjadi wisata yang hemat bagi saya, bisa mengajak anak dan keluarga  melihat suasana luar,” tambahnya.

Bagi Anda yang berkunjung ke Balikpapan bisa datang melihat suasana Lapangan Merdeka baik itu di pagi hari maupun di sore hari. Lokasi yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini menjadi sangat ramai dikunjungi sebab memang merupakan lokasi yang strategis.

Baca Juga
Lihat juga...