Liga Eropa: Arsenal Bungkam AC Milan di San Siro

Editor: Koko Triarko

310

MILAN – Arsenal secara mengejutkan mempecundangi raksasa Italia, AC Milan, dengan mudah pada leg pertama babak 16 besar Liga Eropa, Jumat (9/3/2018) dini hari. Arsenal mempermalukan AC Milan dengan skor 2-0 di San Siro.

Kemenangan ini menjadi catatan penting bagi The Gunner, mengingat mereka bertandang ke Italia dengan rapor yang tidak menyenangkan musim ini. Skuad asuhan Arsene Wenger menelan empat kekalahan dari empat laga terakhirnya di semua kompetisi yang diikuti.

Namun demikian, profesionalisme tim London terbukti membawa hasil positif di San Siro. Playmaker andalan Arsenal, Mesut Ozil, mengambil peran penting pada proses terciptanya gol Henrikh Mkhitaryan dan Aaron Ramsey di babak pertama laga.

Duel kedua tim berlangsung dengan tempo yang cukup cepat. Baik Milan maupun Arsenal terlibat jual beli serangan sejak awal laga. Milan memberikan ancaman melalui Patrick Cutrone, sementara Arsenal tak mau kalah, juga menekan melalui Mkhitaryan.

Meski begitu, tekanan Arsenal jauh lebih mumpuni dibuktikan dengan lahirnya gol pertama tim Meriam London pada menit 15 melalui Mkhitaryan. Mkhitaryan sempat mengontrol bola dengan dada sebelum melepas tembakan dengan kaki kanan melewati Gianluigi Donnarumma.

Pada sisa 30 menit laga berikutnya, laga beerlangsung nyaris tanpa drama. Tuan rumah gagal mengendalikan ball posession di sisa sepertiga lapangan dan membiarkan tim tamu mengontrol pertandingan.

Hasilnya, Arsenal memiliki kesempatan lebih banyak untuk melepas tembakan di paruh pertama laga.

Jelang turun minum, The Gunner kembali menguji kesiapan Donnarumma melalui Calum Chambers dan tembakan rendak yang dilepaskan Danny Welbeck.

Pada akhir babak pertama, momen besar kembali lahir buat Arsenal. Kerja sama apik Henrikh Mkhitaryan dipadu kejelian Mesut Ozil membuat Arsenal memperlebar keunggulan melalui Aaron Ramsey yang kembali memaksa Donnarumma memungut bola dari gawangnya.

Milan yang tidak melakoni laga dalam delapan hari terakhir menyusul penundaan Derby Milan akhir pekan lalu, gagal bangkit dan menghasilkan perlawanan menjanjikan bagi tim tamu. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, tekanan kembali diberikan tim tamu. Donnarumma kembali dipaksa melakukan penyelamatan menghalau tembakan percobaan Danny Welbeck. Setelah itu, lambat laun Milan mulai tampak lebih tenang merespons tekanan dari Arsenal.

Giacomo Bonaventura sempat memberikan ancaman bagi David Ospina meski belum berhasil berbuah gol. Percobaan lain kembali dilepas Bonaventura, tapi lagi-lagi gagal membuahkan hasil. Sementara, Arsenal gagal melepas tembakan menjanjikan pada 20 menit sisa laga.

Bonaventura seolah menjadi satu-satunya pemain yang mengemban misi menjebol gawang Arsenal pada laga di San Siro. Mengingat ia menjadi satu-satunya pemain yang intens melepas tembakan. Meski tetap saja tidak ada satu pun gol tercipta hingga peluit panjang dibunyikan wasit Clement Turpin.

Susunan Pemain

AC MILAN:

Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Bonucci, Calabria (Borini 79′); Kessie, Biglia, Bonaventura; Suso, Cutrone (Silva 68′), Calhanoglu (Kalinic 62′)

ARSENAL: 

Ospina; Chambers (Elneny 85′), Mustafi, Koscielny, Kolasinac (Maitland-Niles 62); Xhaka, Wilshere; Ozil (Holding 80′), Ramsey, Mkhitaryan; Welbeck

Baca Juga
Lihat juga...