Lopis Ketan Hitam, Jajanan Khas Tradisional di Padang

Editor: Satmoko

189

PADANG – Bentuknya yang segitiga terbuat dari beras ketan putih dan hitam serta dibaluti parutan kelapa, akan membuat seseorang penasaran bagaimana rasa dari ketan yang dirasakan berbentuk segitiga tersebut.

Tapi, meski telah dimasak, ketan yang berbentuk segita yang disebut lopis itu belum bisa untuk dicicipi. Karena, ada tambahan bumbu yang dianggap memiliki peran utama dalam rasa lopis.

Bumbu itu, bukanlah bumbu dapur seperti membuat sambal. Akan tetapi bumbu dimaksud ialah gula merah. Untuk menikmati lopis itu, perlu adanya gula merah yang dicairkan. Setelah adanya gula merah yang dicairkan lalu dituangkan ke dalam piring yang sudah lopisnya.

Kalau sudah dituangkan gula merahnya, sangat disarankan memakan lopis menggunakan sendok yang berukuran kecil, sebab untuk mendapatkan rasa yang pas, semakin kecil potongan lopisnya, maka rasa lopis dicampur gula merah akan semakin lezat.

Tati yang juga pernah memasak lopis ketan/Foto: M. Noli Hendra

Untuk membuat lopis tidaklah terlalu rumit, Tati seorang ibu rumah tangga menjelaskan, untuk membuat lopis hanya perlu menyediakan beras ketan dan parutan kelapa serta gula merah. Merebus beras ketan menggunakan daun pisang yang telah dirajut berbentuk segitiga.

“Untuk merebusnya ini perlu diketahui takaran airnya, supaya ketan tidak terlalu lunak. Selebihnya, tidak ada hal yang sulit,” katanya, Sabtu (31/3/2018).

Ukuran lopis hanya berukuran sederhana saja. Dimana untuk dua lopis bisa untuk dihidangkan di dalam piring. Begitu juga untuk parutan kelapanya, jangan dibuat parutan dalam kondisi yang halus. Disarankan memarut kelapa dengan alat tradisional, bukan dengan mesin.

Selanjutnya untuk mencarikan gula merah yang membeku, hanya perlu dipanaskan di dalam kuali. Setelah gula merah mencair, dipindahkan ke wadah yang lebih tahan panas.

“Kalau sudah siap, tinggal disajikan dan makan lagi. Soal rasa, manis gula merah dan lembutnya beras ketan, akan berbaur saat dimakan,” ucapnya.

Berbicara soal harga, lopis ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau yakni Rp1.000 untuk satu buah lopis dengan rasa ketan yang berbeda baik itu ketan putih maupun ketan merah.

Lopia jajanan tradisional ini cukup mudah ditemukan, baik itu di warung, atau pun melalui gerobak dorong yang dijual keliling kampung di Padang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.