banner lebaran

Lulusan Sekolah Pertanian Diharap Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

176
Ilustrasi -Dok: CDN

JAKARTA – Lulusan fakultas atau sekolah-sekolah pertanian diharapkan menjadi agripreneur yang mengembangkan sektor pertanian sebagai lapangan usaha penyerap tenaga kerja.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, dalam keterangan tertulisnya, mengakui sektor pertanian memiliki potensi yang masih sangat besar untuk digarap.

“Peluang tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh lulusan perguruan tinggi, terutama mereka yang lulus dari Fakultas Pertanian. Jadi, setelah lulus, ke depan jangan hanya mencari kerja, tapi menciptakan pekerjaan,” kata Wayan, Selasa (13/3/2018).

Menurut Wayan, ke depan sektor pertanian harus semakin mampu menjadi penopang dan penyedia pangan rakyat dari hulu ke hilir.

Sektor pertanian tidak sekadar memproduksi komoditas mentah, melainkan produk-produk olahan sehingga tercipta nilai tambah tinggi pada suatu produk. Hal itu bisa diwujudkan oleh seorang agripreneur yang paham teori dan praktik dalam bidang pertanian.

“Saya mendorong perguruan tinggi untuk menciptakan lebih banyak agripreneur yang mampu memberikan nilai tambah produk-produk pertanian menjadi produk olahan, jangan hanya bahan mentah, sehingga nilai tambah jadi tinggi, yang bisa dinikmati oleh pelaku usaha,” tuturnya.

Ia mencontohkan, dengan mengolah sabuk kelapa menjadi jok mobil, daging kelapa menjadi santan, minyak, hingga CPO.

Contoh lain, mengolah biji kopi menjadi serbuk kopi yang bisa dipasarkan dengan kemasan yang menarik di kafe anak-anak muda hingga menembus pasar ekspor.

Menurut Wayan, potensi besar sektor pertanian bila dipadukan dengan potensi dan kekuatan sumber daya manusia (SDM) putra-putri bangsa Indonesia akan menjadi gerakan yang mampu membuka peluang penyerapan tenaga kerja yang besar.

Dengan begitu, kata Wayan, persoalan pengangguran dan pengentasan kemiskinan pun dapat teratasi dengan semakin banyaknya terlahir agripreneur di Tanah Air. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.