Masyarakat Nelle Gelar Deklarasi Anti Hoaks

Editor: Irvan Syafari

156

MAUMERE — Masyarakat Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka sepakat menolak pemberitaan palsu dan informasi yang tidak benar, yang merusak tatanan kehidupan masyarakat dan mengganggu kemanan dan ketertiban masyarakat dengan menggelar “Deklarasi Anti Hoaks”.

“Kegiatan “Deklarasi Anti Hoaks” merupakan, tindak lanjut dari Deklarasi Anti Hoaks yang dilakukan Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorangdan di dampingi oleh Waka Polres Sikka Kompol Iwan Iswahyudi, Selasa (20/03/2018) lalu, di Lapangan Mapolres Sikka,” tegas Abdul Azis,Kaium Polsek Nelle Jumat (23/3/2018).

Lebih lanjut, Abdul Aziz berharap agar masyarakat yang mendapat informasi terutama melalui media sosial supaya bisa mencermati dengan baik, dengan menggali informasi dari media lain sebagai pembanding.

“Jika informasi yang diperoleh adalah bohong atau hoaks yang diketahui atau beredar di media sosial, diharapkan agar pengguna media sosial secara bijaksana tidak menyebarkan ke pihak lain. Dengan demikian kita akan memotong mata rantai peredaran informasi hoaks tersebut,” tuturnya.

Dikatakan Abdul Aziz, sebelumnya telah dilakukan Deklarasi Anti Hoaks di sejumlah desa dan sekolah yang ada di wilayah kerja Polsek Nelle antara lain di Desa Nelle Urung, Nelle Wutung, Desa Nelle Barat, SMP Negeri II Maumere dan SMK Bina Maritim.

Kepala Puskesmas Nelle Lusia Marice mengatakan, pada saat ini media sosial menjadi media yang paling cepat dalam menyebarkan informasi yang tidak benar dan ini dianggap benar oleh masyarakat.

“Adanya deklarasi ini tentu sangat baik untuk memberi pencerahan kepada masyarakat Nelle supaya lebih bijaksana menggunakan media sosial. Masyarakat harus mulai berhati-hati dalam menggunakan media sosial,” ungkapnya.

Kegiatan Deklarasi Anti Hoaks dilakukan di halaman kantor Camat Nelle dan dipimpin langsung Kepala Seksi Umum Polsek Nelle, Bripka Abdul Aziz didampingi Babinkantibmas Desa Nelle Urung Brigpol Ricakrdus Supyanto dan Bripda Fransiska Longge.

Kegiatan Deklarasi Anti Hoaks ini diucapkan perwakilan masyarakat, aparat desa se- Kecamatan Nelle dan tenaga kesehatan Puskesmas Nelle. Kegiatan ini terus dilakukan di berbagai kesempatan dengan melibatkan aparat pemerintah,tokoh agama, masyarakat dan lembaga pendidikan di kabupaten Sikka.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.