Memanjakan Tubuh dengan Kesegaran Air Terjun Segenter

Editor: Satmoko

395

MATARAM – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah pulau yang juga dikenal sebagai pulau puluhan ribu masjid. Objek wisata alamnya pun sangat menarik.

Objek wisata air terjun misalnya, termasuk objek wisata cukup banyak terdapat di Pulau Lombok, terutama di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), ratusan air terjun masih bisa ditemukan dan terdapat di kawasan hutan.

Air terjun Segenter, misalnya ada di Dusun Kumbi, Desa Lembah Sempage, Kecamatan Narmada Lombok Barat. Termasuk air terjun dengan sensasi keindahan mengagumkan. Baik air terjun maupun alam sekitar di Lombok  masih alami dan segar.

Terletak di dalam kawasan Balai Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa Sesaot, air terjun Segenter menawarkan pemandangan yang mampu mendatangkan ketenangan bagi siapa saja yang datang berkunjung.

“Airnya sejuk sekali, betapa pun lelah perjalanan ditempuh, setelah mandi di bawah guyuran air terjun, rasa lelah bisa terbayar dan badan menjadi segar,” kata Afrian Rahmadani, warga Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (11/3/2018).

Meski demikian, karena letaknya berada di kawasan hutan yang dikelilingi banyak pepohonan rindang, air terjun Segenter terasa lebih dingin, sehingga jarang yang bisa bertahan mandi lama.

Beberapa pengunjung saat mandi di air terjun Segenter Lombok Barat. Foto: Turmuzi

Bahkan, saking dingin, air terjun serasa menusuk kulit tubuh saat mandi di bawah guyuran air terjun. Punggung serasa dipijat oleh air yang jatuh. Mandi di air terjun Segenter tidak hanya soal kesegaran dinginnya air yang bersumber dari pegunungan Hutan Kumbi, tapi juga sensasi terjangan air terjun bisa terasakan langsung.

Haris, pengunjung asal Desa Labuapi, Lombok Barat mengatakan, air terjun Segenter memiliki karakteristik yang hampir sama dengan puluhan air terjun lainnya di Lombok. Yang sedikit berbeda, debit airnya mengalir dari puncak tebing yang terlihat membelah.

Air tampak mengalir dari celah batu yang terkikis puluhan bahkan ratusan tahun silam. Pada ujung tebing agak melebar sehingga memungkinkan air jatuh ke dasar tebing.

“Karakteristik air terjun Segenter ini yang rupanya disukai pengunjung, karena memberi pilihan saat mandi bisa bertahan agak lama di bawah terjangan air, tanpa harus takut terhempas,” katanya.

Namun di dasar tebing pendaratan air, pijakan bongkahan batu yang tidak beraturan mengharuskan pengunjung hati-hati agar tidak terpeleset. Tapi ini tentu saja bagian dari tantangan dan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Ditambahkan, di bawah tempat jatuhnya air terjun juga terdapat kolam kecil yang terbentuk secara alami akibat guyuran dan hempasan air terjun, sehingga bagi pengunjung, anak maupun orang dewasa yang tidak berani mandi langsung di bawah guyuran air terjun, bisa mandi pada genangan kolam.

Perjalanan menuju titik air terjun Segenter juga menghadirkan tantangan tersendiri. Setelah masuk ke Desa Pakuan, Lombok Barat dari Kota Mataram, arahkan kendaraan ke Desa Lembah Sempage.

Terdapat gapura penunjuk arah menuju Dusun Kumbi, sekitar 15 menit melalui jalan pengerasan, tiba di pintu masuk kawasan Tahura Nuraksa, Desa Lembah Sempage. Dari gapura itu, harus ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit.

“Sepanjang jalan, bagian kiri kanan jalan ditumbuhi pepohonan hijau menyegarkan pandangan. Dengan kondisi jalan berkerikil, sebagian berupa tanah, memacu adrenalin bagi pengunjung,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...