Menikmati Menu Soto Banjar di Ibu Kota

Editor: Satmoko

197

BANJARMASIN – Bagi Anda masyarakat Banua yang bermukim atau sedang melakukan kunjungan di Ibu Kota Jakarta, lalu sedang ingin menikmati menu makanan khas Banjar, tidak ada salahnya mencoba mencicipi menu Soto Kuin Abang Suhai yang terletak di Kawasan Kuliner BSM Jakarta Pusat.

Di sini kita bisa menemukan salah satu menu khas Kalsel, yaitu Soto Banjar. Soto Banjar merupakan makanan dengan bahan utama nasi yang dicampur dengan telur, ayam dan mihun yang dibubuhi dengan kuah kental kaya rasa.

“Cara pembuatannya pertama kita buat dulu kuahnya. Yaitu dengan memasak air  mencampurnya dengan kaldu dan bahan rempah lainnya. Agar kuahnya terasa kental kita masukkan kuning telur,” jelas Suhai, Owner Soto Kuin Abang Suhai, Suhaimi, Sabtu (31/3/2018).

Owner Soto Kuin Abang Suhai Suhaimi. Foto: Arief Rahman

Setelah selesai membuat kaldu, racik ketupat ke dalam sebuah mangkuk. Jika tidak suka ketupat bisa diganti dengan nasi. Agar makin nikmat untuk dinikmati tambahkan satu biji telur rebus dan suiran ayam kampung rebus.

“Lalu jangan lupa juga tambahkan sedikit bihun, racikan sayur dan bawang agar makin nikmat,” tambahnya.

Biasanya di Kalsel, Soto Banjar saat memakan bisa dilengkapi dengan sate ayam. Menyantap dengan sate tentunya akan membuat Soto Banjar makin lezat dinikmati, apalagi saat siang hari.

“Untuk harganya kita jual dari Rp22.000 – Rp25.000 per porsi. Itu belum termasuk jika menambah menu sate,” ungkapnya.

Soto Kuin Abang Suhai sendiri selain hadir di pusat ibu kota Jakarta, juga memiliki empat cabang lainnya di Palangkaraya, Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Bahkan agar outlet makin bertambah Suhai, sapaan akrabnya, membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain melalui sistem franchise.

“Saya ingin ke depan Soto Kuin ini bisa dinikmati di pusat perbelanjaan modern. Istilahnya franchise lokal yang menasionallah,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.