Menlu Retno Latihan Gamelan di Moskow

297
Menlu RI, Retno LP Marsudi. -Dok: CDN.

ZEYNITA GIBBONS – Menlu RI Retno Marsudi menyempatkan diri ikut berlatih gamelan dan nyinden bersama warga Rusia yang tengah mempelajari budaya dan gamelan Indonesia di Kedutaan Besar RI di Moskow.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow. Enjay Diana mengatakan, kegiatan latihan tersebut menjadi bagian dari kunjungan kerja Menlu Retno ke Moskow. Selain meninjau latihan gamelan Tim Dadali Gamelan, menlu juga bertemu warga Rusia yang mempelajari Bahasa Indonesia di kantor perwakilan pemerintah RI.

Saat bermain gamelan bersama tim Dadali Gamelan Menlu Retno ikut nyinden lagu Selendang Biru, Eling-eling Banyumasan, dan Gugur Gunung dalam bahasa Jawa bersama Sinden Dadali Gamelan asal Rusia Yulia Ryzhaya.

Retno mengagumi kemampuan Yulia dalam menembang Jawa, meski tidak tahu Bahasa Jawa. Personil Dadali Gamelan sebagian besar adalah warga Rusia yang menggandrungi budaya Indonesia. Salah satu personilnya Nikita Serdiuk mengatakan pernah ikut serta program Darmasiswa dan sempat belajar gamelan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Menlu memberikan apresiasi tinggi kepada para warga Rusia yang mendalami budaya Indonesia, termasuk belajar bahasa Indonesia dan berlatih gamelan di KBRI Moskow. Hal itu merupakan salah satu langkah untuk lebih mendekatkan hubungan masyarakat kedua bangsa.

Selama melakukan kunjungan ke Moskow pada 12-13 Maret 2018, Menlu Retno bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov membahas peningkatan hubungan dan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi, serta isu-isu regional serta global yang menjadi perhatian bersama. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...