Orangtua Siswa Diminta Dampingi Anak Hadapi USBN Tingkat SD

Editor: Irvan Syafari

497

BALIKPAPAN — Menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar pada Mei Mendatang, sejumlah sekolah mempersiapkan siswanya dalam menghadapi ujian. Persiapan yang dilakukan salah satunya dengan melaksanakan uji coba  ujian (try out) yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah.

Sekolah Kartika V-III Kota Balikpapan misalnya bulan Maret ini diselenggarakan tryout untuk siswa kelas VI sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga mengundang orangtua siswa untuk memberikan dukungan anak-anaknya.

“Undangan orangtua untuk datang ke sekolah ini untuk menginformasikan kepada wali siswa untuk berbagai persiapan menghadapi USBN,” ungkap Kepala Sekolah Kartika V-III, Adrie.

Persiapan uji coba  diselenggarakan pada Maret ini untuk mematangkan siswa dalam menghadapi USBN. Dikatakannya, uji coba sebagai bentuk latihan siswa agar nantinya lebih siap dalam USBN, karena pada April nanti pelaksanaan ujian akhir sekolah mulai dilaksanakan.

Try out jelas untuk mematangkan siswa dalam menghadapi USBN khususnya pada tiga mata pelajaran yang diujikan. USBN diselenggarakan pada 3-5 Mei 2018,” sebutnya Kamis, (7/3/2018).

Selain mematangkan siswa dalam menghadapi USBN, pihaknya juga minta dukungan orangtua untuk mendampingi dan memantau anaknya selama jelang ujian. Pantauan itu dari kesehatannya, pendampingan saat belajar hingga hinbauan mengurangi penggunaan gawai khususnya dalam bermain game.

“Dukungan orangtua siswa sangat dibutuhkan tidak hanya dari sekolah saja, tapi peran orangtua yang terpenting. Mendampingi anaknya saat belajar dan perhatikan kesehatannya,” pungkasnya.

Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Selanjutnya pengumuman akan dilaksanakan pada 6 Juni mendatang.

Adrie berharap pelaksanaan USBN berjalan lancar dan harapan siswa untuk mencapai sekolah yang dituju dapat tercapai.

“Semoga pelaksanaan USBN dapat berjalan lancar dan nilai yang diperoleh siswa sesuai harapan,” imbuhnya.

Baca Juga
Lihat juga...