Pantai Katiet Mentawai Wisata Idaman Wisatawan Asing

Editor: Satmoko

1.044

MENTAWAI – Ada sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat, yang menghadap ke lautan lepas, seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Kepulauan Mentawai.

Dengan memiliki sejumlah daerah itu, ternyata juga memiliki pantai yang begitu indah. Hebatnya lagi, pantai di Sumatera Barat ini turut menjadi idaman bagi wisatawan asing.

Salah satu pantai yang dikatakan memiliki keindahan berkelas dunia itu yakni Pantai Katiet, yang berada di Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang merupakan satu-satunya daerah kepulauan di Sumatera Barat.

Pantai Katiet ini memiliki pantai yang begitu indah. Pasir yang begitu putih, air yang jernih, dan di bagian agak ke tengah pantai paling cocok untuk bermain surfing. Hal inilah yang membuat wisatawan asing menjadikan Pantai Katiet, pantai favorit.

Salah seorang warga Kota Padang, Zardi, yang juga berkunjung ke Pantai Katiet mengaku soal keindahan Pantai Katiet. Menurutnya, melihat keindahan Pantai Katiet seakan berasa di sebuah pantai luar negeri. Apalagi masyarakat setempat sangat ramah terhadap tamu yang datang, membuat pengunjung yang datang menjadi merasa betah.

Zardi saat berada di tepi pantai di Mentawai/Foto: Istimewa

“Saya di sana hanya di waktu siang hari. Seandainya bisa menunggu matahari terbenam, pasti Pantai Katiet akan terlihat semakin indah,” katanya, Minggu (11/3/2018).

Ia menyebutkan, keindahan Pantai Katiet itu turut didukung oleh lingkungan yang bersih, serta adanya homestay yang bisa untuk dijadikan tempat menginap. Baginya, saat baru pertama kali melihat keindahan Pantai Katiet, ingin rasanya tidur di atas pasir yang putih itu.

Zardi menyatakan selama berada di Pantai Katiet, cukup ramai melihat para turis atau wisatawan asing, yang merupakan orang-orang dari Eropa. Mereka mengatakan sangat nyaman berada di Pantai Katiet. Keindahan pantainya membuat setiap orang yang pernah singgah akan merasa ketagihan.

Di Mentawai, tidak hanya Pantai Katiet yang memiliki keindahan khas. Tetapi masih banyak lagi pantai di Mentawai yang memiliki tempat indah. Namun, untuk bisa sampai ke lokasi, pengunjung butuh perjalanan yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan, Mentawai terdiri dari beberapa pulau.

Bagi Anda yang ingin pergi ke Pantai Katiet ini, jika berangkat dari ibu kota Mentawai yakni Tua Pejat, dan menggunakan kapal diperkirakan akan memakan waktu paling lama dua jam, dan barulah sampai di Pantai Katiet.

Bahkan dengan banyaknya pantai yang indah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga akan mengelola Mentawai lebih serius. Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, Mentawai saat ini tengah mempersiapkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

KEK merupakan upaya untuk menyiapkan tempat untuk berwisata. Untuk melakukan pembangunan KEK itu, maka pemerintah menyatakan membutuhkan nilai investasi sebesar Rp11 triliun.

Uang sebanyak Rp11 triliun itu digunakan untuk sejumlah pembangunan seperti perumahan, jembatan, jalan, dan infrastruktur penunjang wisata lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...