Parade Ogoh-Ogoh Jadi Festival Budaya Tahunan di Lampung Timur

407

LAMPUNG TIMUR – Umat Hindu di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung berterima kasih atas digelarnya Festival Ogoh-Ogoh dan Baleganjur oleh pemerintah daerah setempat.

Parade ogoh-ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi tersebut kini telah menjadi agenda festival budaya tahunan di daerah tersebut. “Kami umat Hindu merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampung Timur dan jajaran atas diangkatnya dua festival ini menjadi festival tahunan,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Timur I Wayan Sutarja, Minggu (11/3/2018).

Minggu, di Lampung Timur digelar Festival Ogoh-Ogoh dan Baleganjur. Festival digelar di Desa Rejobinangun, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur, Minggu. Festival Ogoh-Ogoh dan Baleganjur tersebut dikatakan Wayan Sutarja sebagai simbol perhatian kepada umat Hindu yang tinggal di Kabupaten Lampung Timur.

Dia menyebutkan, jumlah umat Hindu di Lampung Timur sebanyak 18.562 jiwa yang tersebar pada 24 kecamatan. “Kalau kita bandingkan dengan umat Islam, kami sangat sedikit, tapi perhatian pemimpin kita semakin lama makin terasa keadilannya, kami menjadi sebagai penduduk yang diperhatikan,” ujar Wayan Sutarja lagi.

Pelaksana Tugas Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan, festival tersebut adalah sarana mempererat silaturahmi antar warga. Kegiatannya menjadi momentum menggalang kebersamaan untuk membangun daerah.

Dia berharap Festival Ogoh-Ogoh dan Baleganjur yang merupakan 1 dari 101 festival wisata yang siap digelar sepanjang tahun 2018 di Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan tersebut  diharapkan bisa mendatangkan wisatawan dan menumbuhkan peluang usaha warga setempat. (Ant)

Lihat juga...

Isi komentar yuk