Pasar Ikan Higienis jadi Harapan Masyarakat di Padang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

310

PADANG — Masyarakat di Kota Padang, Sumatera Barat, sangat berharap adanya pasar ikan ikan yang higienis. Hal ini seiring terbilang cukup kumuhnya kondisi pasar ikan di sejumlah pasar di Kota Padang.

Salah seorang masyarakat di Padang, Sepriyanti mengaku meski sejumlah infrastruktur telah dibangun di sejumlah pasar, namun untuk kondisi di pasar ikan masih memerlukan perhatian, seperti halnya di Pasar Lubuk Buaya Padang.

“Saya tahu yang namanya pasar soal kumuh memang sudah menjadi pemandangan biasa. Tapi alangkah baiknya, pasarnya jadi bersih,” sebutnya, Senin (12/3/2018).

Selain itu, pedagang ikan di Pasar Lubuk Buaya, Sanjaya juga sangat berharap adanya pasar ikan yang higienis, terutama di Pasar Lubuk Buaya. Apalagi Pasar Lubuk Buaya yang merupakan pasar dekat dari pantai, dimana hasil tangkapan nelayan langsung dijual.

“Sudah sepatutnya Pasar Lubuk Buaya memiliki pasar ikan yang bagus,” tambahnya.

Menanggapi dari ungkapan masyarakat itu, Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal mengatakan Kementerian Perindustrian dan Kelautan RI telah menganggarkan dana untuk pembangunan pasar ikan yang disebut pasar ikan higienis, sehingga pembangunannya bisa dilakukan pada tahun 2018 ini.

“Pasar Lubuk Buaya yang merupakan salah satu pasar di Kota Padang akhirnya segera memiliki pasar ikan yang dinilai lebih baik dari yang ada saat ini,” sebutnya.

Ia menjelaskan, dana untuk membangun pasar ikan higienis itu ada sebanyak Rp 3 miliar. Untuk memulai pembangunannya, Pemerintah Kota Padang tengah mempersiapkan sejumlah administrasi, sebagai syarat untuk dilakukannya lelang.

Endrizal
Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal/Foto: M. Noli Hendra

Ia menyebutkan alasan Pasar Lubuk Buaya yang dipilih untuk pembangunan pasar ikan higienis, karena Pasar Lubuk Buaya membutuhkan kondisi pasar ikan yang lebih baik, di antara pasar lainnya yakni Pasar Nanggalo Siteba dan Pasar Bandar Buat.

“Kalau Pasar Raya kita sudah punya tempat khusus untuk menjual ikan. Makanya kita pilih Pasar Lubuk Buaya untuk dibangun pasar ikannya,” jelasnya.

Menurutnya, jika nanti Pasar Lubuk Buaya memiliki pasar ikan, maka kondisi Pasar Lubuk Buaya akan lebih jauh representatif dan nyaman baik bagi pedagang ataupun bagi masyarakat yang datang ke pasar.

Lihat juga...

Isi komentar yuk