Peduli Korban Banjir, Pemuda Bandar Agung Galang Dana di Jalintim

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

278

LAMPUNG — Kondisi banjir yang melanda wilayah Lampung Selatan khususnya di wilayah Bandar Agung mengetuk hati para pemuda di wilayah tersebut. Aksi solidaritas yang digelar Jalan Lintas Timur tepat di SDN Bandar Agung dilakukan secara spontan.

Aria Setiawan (23), koordinator aksi menyebutkan, hal tersebut dilakukan setelah melihat ke lokasi banjir beberapa hari sebelumnya dengan dominannya bantuan berupa makanan instan.

Aksi solidaritas tersebut merupakan langkah untuk mengumpulkan uang tunai yang akan dibelikan keperluan warga terdampak banjir. Hari pertama sejak pagi hingga tengah hari mereka mampu mengumpulkan sekitar Rp720.000 yang berasal dari para dermawan.

“Selain bantuan dari para dermawan berupa uang tunai donasi berupa barang juga sudah diberikan oleh donatur pribadi sebagian dari perusahaan yang ada di wilayah ini di antaranya berupa air mineral kemasan dan akan diserahkan ke korban banjir,” terang Aria Setiawan saat dikonfirmasi Cendana News di Jalan Lintas Timur desa Bandar Agung, Selasa (13/3/2018).

Hasil penggalangan dana tersebut selanjutnya akan ditambah dengan hasil donasi para pemuda peduli, bantuan dari SMKN 1 Ketapang dan uang yang terkumpul akan dibelikan khusus beras.

Beras akan diserahkan bersama bantuan lain ke posko pengungsian yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial Lamsel.

penggalangan dana
Aria Setiawan, koordinator aksi penggalangan dana untuk korban banjir [Foto: Henk Widi]
Berdasarkan informasi sebanyak 120 kepala keluarga yang terdampak banjir. 94 kepala keluarga sudah mengungsi ke tanggul penangkis sisanya masih bertahan. Mereka yang bertahan memiliki rumah tingkat meski bagian bawah sudah terendam.

Aksi penggalangan dana tersebut diakui Aria Setiawan akan dilakukan hingga beberapa hari kedepan untuk meringankan beban para korban banjir.

Sementara itu, Kepala Dusun Bunut Selatan, Samsul menyebut aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian bagi warga di wilayah tersebut yang terimbas banjir. Meski bantuan yang dikumpulkan terbatas namun diharapkan dapat meringankan beban warga yang berada di aliran sungai way Sekampung tersebut

“Saat para pemuda di dusun kami melakukan penggalangan dana banyak juga warga yang terketuk hatinya menyumbangkan bantuan air mineral secara sukarela,” bebernya.

Baca Juga
Lihat juga...