banner lebaran

Pemakaman Probosutedjo Berlangsung Khidmat dan Sederhana

Editor: Irvan Syafari

882

YOGYAKARTA — Keluarga, sanak saudara dan kerabat, mengiringi prosesi pemakaman jenazah Almarhum Probosutedjo, menuju tempat peristirahatan terakhir di Makam Somenggalan, Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin  (26/3).

Acara pemakaman berlangsung khidmat. Sejumlah kerabat dan keluarga nampak ikhlas melepas kepergian Almarhum. Mereka terlihat tabah menyaksikan jenazah Almarhum masuk ke liang lahat yang telah disiapkan.

Selain melakukan penaburan bunga, mereka juga nampak mendoakan jenazah almarhum dengan khusyuk.

Tak hanya kerabat keluarga dan sanak saudara, ratusan warga Dusun Kemusuk tampak ikut mengiringi almarhum menuju peristirahatan terakhir. Mereka berasal dari berbagai kalangan baik itu rakyat kecil seperti pegawai, pedagang, petani, guru hingga para pengusaha dan pejabat.

Salah seorang warga Dusun Kemusuk, Parjiman, mengaku sengaja datang untuk menyaksikan langsung prosesi serta suasana pemakaman adik Presiden Kedua RI HM Soeharto itu.

“Ingin melihat secara langsung pemakaman orang besar seperti pak Probo. Apalagi beliau banyak sekali berjasa untuk Dusun Kemusuk ini. Selain membangun banyak sekolah, beliau juga kerap menggelar acara untuk masyarakat sekitar sini,” katanya.

Meski merupakan salah satu pengusaha besar sekaligus adik kandung seibu mantan orang nomer satu se-Indonesia, HM Soeharto, pemakaman almarhum Probosutedjo dilakukan secara sederhana. Tak ada prosesi khusus yang dilakukan mulai pukul 19.30-20.45 WIB itu. Semua digelar sebagaimana pemakaman masyarakat biasa pada umumnya.

Sejumlah keluarga dan kerabat iringi kepergian jenazah almarhum Probosutedjo ke tempat peristirahatan terakhir-Foto: Jatmika H Kusmargana.

“Memang prosesi (pemakamannya) dibuat sederhana seperti upacara pemakaman masyarakat pada umumnya. Sesuai dengan figur almarhum yang juga sederhana.” ujar pihak keluarga di Kemusuk, Aryo Winoto yang merupakan keponakan almarhum Probosutedjo, sebelum acara.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.