Pemda DIY Siapkan Rp35 M untuk Renovasi Mandala Krida

Editor: Koko Triarko

904

YOGYAKARTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Istimewa Yogyakarta, mengalokasikan anggaran sebesar Rp35 miliar untuk menyelesaikan proses renovasi stadion Mandala Krida, Yogyakarta.  Setelah pembangunan tribun selesai, proses berikutnya adalah mengganti rumput dan lintasan atletik.

Berikutnya dilanjutkan dengan pengaspalan sisi utara, selatan, timur dan barat. Secara keseluruhan ada tiga pekerjaan yang akan digarap meliputi lapangan, lintasan, serta penataan drainase dan lingkungan sekitar stadion.

“Sudah disiapkan anggaran dari APBD Rp35 miliar. Nanti sekitar lebih dari 40 persennya akan tersedot untuk pengerjaan lintasan atletik,” ucap Kepala Balai Pemuda dan olahraga (BPO) DIY, Edy Wahyudi, Senin (12/3/2018).

Edy mengatakan, nantinya untuk rumput stadion yang menjadi homebase PSIM Yogyakarta akan menggunakan rumput zoysia matrelia seperti yang ditanam di SUGBK. Guna menghindari genangan saat hujan, pipa saluran drainase akan dibuat lebih miring ke kedua sisi lapangan, sehingga air bisa lebih cepat meresap.

Edy Wahyudi, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga. -Foto: Sodik

Terkait pelaksanaan, Edy memperkirakan sudah bisa dimulai pada akhir Maret atau awal April, mendatang. Dengan begitu, proyek renovasi Stadion Mandala Krida akan selesai pada akhir September atau awal Oktober. Jika pada bulan tersebut mulai turun hujan, maka selebihnya tinggal dilakukan pemeliharaan.

Dengan dimulainya tahap finishing, lanjut Edy, ada konsekuensi yang harus diterima. Di mana sejak April nanti, lapangan sudah tidak bisa lagi digunakan untuk aktivitas, termasuk latihan PSIM yang biasa menggunakan stadion tersebut.

Terkait atletik, nantinya sebelum diberi lapisan-lapisan sintetis, pada bagian bawahnya akan dicor terlebih dahulu agar rata. Jika tidak, kontur tanah dikhawatirkan labil dan membuat lintasan menjadi tidak rata.

“Kami antisipasi jika nanti tanahnya turun,” terangnya.

Sementara itu, untuk penataan di sekitar stadion, Edy menyebut nantinya akan dibagi dalam beberapa bagian. Salah satunya di bagian utara stadion akan dikhususkan untuk kompleks food court. Ada sekitar 15 tempat yang nantinya bisa digunakan untuk sektor ekonomi di sisi stadion.

Lihat juga...

Isi komentar yuk