Pemkab Kotabaru Siapkan Rp21 Miliar untuk Peningkatan Jalan

286
Ilustrasi pembangunan jalan - Foto: Dok. CDN

KOTABARU — Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan dana sebesar Rp21 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018, untuk peningkatan jalan.

“Hasil konsultasi kami (Komisi III DPRD Kotabaru) ke Dirjen Binamarga Kementerian PUPR, bahwa Kotabaru dipastikan mendapat DAK sebesar Rp21 miliar,” kata Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Denny Hendro K, di Kotabaru, Selasa (13/3).

Dikatakannya, terjadi penurunan jumlah dibanding dengan DAK 2017 sebesar Rp34 miliar, hal itu disebabkan tidak tercapainya realisasi yang hanya sekitar 30 persen, yang disebabkan berbagai hal di antaranya adanya keterlambatan proses lelang dan pelaksanaan.

Namun demikian, lanjut Denny, belajar dari pengalaman tahun lalu sehingga berakibat penurunan nilai saat ini, diharapkan dapat dioptimalkan dalam pelaksanaannya sehingga kelemahan-kelemahan sebelumnya bisa teratasi tahun ini.

Lebih lanjut politisi Partai PPP ini mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah saat ini yang mengalokasikan lebih besar pada infrastruktur jalan dan jembatan sekitar Rp274 miliar dari APBD 2018.

Dari anggaran tersebut dinas PU atau Binamarga mengalokasikan untuk peningkatan jalan dan jembatan dengan tiga wilayah pembagian, yakni wilayah 1 sebesar Rp45 miliar, wilayah 2 sebesar Rp65 miliar dan wilayah 3 yang mencakup daerah pemilihan (dapil) I lebih dari Rp90 miliar.

Menurut Denny, jika melihat pada ruas jalan di Kotabaru sepanjang 1.400 Km, anggaran tersebut masih jauh dari cukup, untuk itu legislatif menjadi bagian dari pemerintah daerah, terus berusaha men-support melalui kebijakan dan lobi ke pusat untuk mendapatkan alokasi khusus.

“Termasuk yang saat ini diusahakan oleh dewan ke Kementerian PUPR, Alhamdulillah pada 2018 ini Kotabaru mendapatkan alokasi DAK Rp21 miliar,” jelas Denny.

Sesuai peruntukkannya, dana pusat melalui DAK tersebut akan digunakan peningkatan jalan di Sungai Durian Simpang Banian sepanjang 29,5 Km.

Meski dinilai masih kurang, namun jika digabungkan dengan alokasi pemerintah daerah sekitar Rp 9 miliar dari APBD tahun ini, maka dimungkinkan akan sangat signifikan dalam pembangunan jalan di daerah tersebut.

Diketahui, rombongan Komisi III DPRD Kotabaru sesuai dalam agenda program kerja Badan Musyawarah (Banmus), menjadwalkan rapat konsultasi ke pemerintah pusat terkait beberapa hal yang dikaitkan dengan program kerja dan kebijakan di daerah (Ant).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.