Pemkab Sikka Diminta Bangun Puskesmas di Wilayah Kepulauan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

261

MAUMERE — Pemerintah kabupaten Sikka diminta untuk membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di desa Kojagete untuk melayani penduduk yang bermukim di beberapa pulau seperti Kojagete, Parumaan dan Kojadoi.

“Terkait usulan pembangunan Puskesmas mini yang diusulkan oleh beberapa desa sejak 2017, kami meminta agar pemerintah segera menindaklanjutinya,” tegas Yani Making, angota DPRD Sikka, Jumat (16/3/2018).

Yani Making
Yani Making anggota DPRD kabupaten Sikka asal fraksi partai Nasdem. Foto : Ebed de Rosary

Dikatakan Yani, sejak tahun 2017 usulan masyarakat tersebut sudah disampaikan kepada pemerintah, namun hingga saat ini dinas Kesehatan yang menanganinya terkesan apatis dan masa bodoh dengan usulan tersebut.

“Kami menyaksikan sendiri saat berada di dua desa tersebut termasuk di pulau Parumaan dimana saat masyarakat sakit dan mau berobat mereka harus menyewa perahu,” tuturnya.

Yani juga meminta agar pemerintah segera mengadakan tender atau lelang proyek pengadaan dan pekerjaan pemasangan lift di poliklinik RSUD TC Hilelrs yang baru selesai dibangun dan diresmikan agar pelayanan pasien di lantai 2 dan 3 lebih maksimal.

“Kasihan kalau orang sakit harus naik lewat tangga sebab selain tidak mampu dan perlu bantuan orang lain, juga membutuhkan waktu lama,” ungkapnya.

Plt.Bupati Sikka, Drs.Paolus Nong Susar mengatakan, pemerintah dalam hal ini dinas Kesehatan dalam waktu dekat akan melakukan kajian terhadap usulan tersebut termasuk juga mempertimbangkan ketersediaan tenaga kesehatan yang dimiliki saat ini.

“Kalau lahannya sudah disediakan masyarakat melalui hibah ini akan lebih mudah bagi pemerintah membangunnya,” sebutnya.

Terkait dengan lift untuk Poliklinik, Nong Susar menambahkan, pihaknya akan segera melakukan tender dimana sebelumnya dalam tahun 2017 lalu terjadi gagal lelang sebab hanya ada satu perusahaan yang mengajukan penawaran.

Baca Juga
Lihat juga...