Pemprov DKI Siapkan Trotoar Sudirman-Thamrin untuk PKL

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

288

JAKARTA — Menata trotoar di sepanjang jalan Sudirman-M.H Thamrin, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan memindahkan dan menebang sebagian besar pohon yang ada di lokasi tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebutkan, sebagian besar pohon akan dipindahkan. Namun yang sudah rapuh akan ditebang dengan alasan keselamatan masyarakat dan cuaca yang cukup ekstrem.

“Yang sudah rapuh dan membahayakan pada pengguna jalan, para pejalan kaki akan tentunya tidak dipindahkan tetapi ditebang karena membahayakan. Karena ini sekarang musim yang sangat ekstrem maka dari itu kami tidak mau ada korban,” katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Dia mengaku penebangan pohon di pinggir trotoar jalan Sudirman – M.H Thamrin ini atas masukan dari Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono yang mengkhawatirkan dapat membahayakan masyarakat.

Ia menjelaskan, penataan trotoar tersebut sebagai salah satu sumbangsih pemerintah provinsi dalam menyukseskan perhelatan Asian Games 2018. Selain itu, pihaknya berencana di trotoar akan disiapkan kios atau tenda yang representatif untuk para pedagang kaki lima atau pelaku usaha mikro.

“Kita utamakan untuk ekonomi mikro. Tetapi mereka harus naik kelas. Standarnya harus bagus. Referensinya kios-kios yang pelayanannya baik, rapi dan tersertifikasi dengan baik,” ungkapnya.

Dia menyampaikan Pemprov DKI akan membantu pelaku usaha bagaimana agar mereka bisa naik kelas. Keberadaan mereka juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja.

“Jadi kita akan bantu nanti usaha-usaha yang seperti ini yang naik kelas. Untuk membuka lapangan kerja, kita berikan kesempatan pertama kepada mereka,” ujarnya.

Nantinya, kata Sandi, Pemprov DKI akan melakukan penyeleksian pelaku usaha mikro yang akan diakomodir di trotoar Sudirman-Thamrin.

“Nanti di Dinas UMKM akan diberikan program. Salah satu yang akan kita lihat apakah lebih dari 10 ribu yang mendaftar di OK OCE ini ada yang lolos seleksi yang lolos kualifikasi untuk tampil di sana,” jelasnya.

“Karena ini kan mukanya Jakarta. Pertaruhan harga diri Jakarta. Jadi, UKM-nya juga yang betul-betul memang UKM yang tangguh,” sambungnya.

Diketahui, pemindahan pohon ini masuk dalam bagian penataan trotoar Sudirman-Thamrin. Nantinya jalur yang sbeelumnya jalur lambat akan menjadi jalur khusus motor dan bus reguler. Pohon-pohon yang menjadi pemisah jalur lambat dan cepat akan dipindahkan.

Baca Juga
Lihat juga...