Pemprov Sumsel Minta Bantuan Mobil Listrik Cegah Polusi

202

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan mobil listrik yang akan digunakan pada Asian Games 2018.

“Gubernur telah mengusulkan mengenai bantuan mobil listrik itu,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Sumsel, Uzirman di Palembang, Rabu (7/3/2018).

Menurut dia, bantuan mobil listrik itu karena kawasan olahraga Jakabaring Palembang nantinya bebas polusi. Kendaaraan yang operasional di dalam kawasan olahraga terpadu itu, menggunakan bahan bakar rendah emisi, karena Jakabaring akan dijadikan areal hijau.

Karena itu, katanya, kendaraan yang berada dalam kawasan tersebut, antara lain berbahan bakar gas, termasuk listrik. Hanya kendaraan berbahan bakar gas hidrogen dan listrik yang boleh memasuki komplek olahraga skala internasional tersebut karena dijadikan areal hijau, termasuk udara.

Jakabaring merupakan tempat bertandingnya para atlet saat Asian Games. Sesuai yang dicanangkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, kawasan itu harus bebas polusi.

Sebelumnya, Sekda Sumsel Nasrun Umar mengatakan kawasan olahraga itu akan dijadikan kota hijau atau bebas polusi. “Kawasan tersebut telah dibangun pembangkit listrik tenaga surya untuk mendukung areal bebas polusi,” kata dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...