Penasehat Keamanan AS, Korsel dan Jepang Bahas Persoalan Korut

Ilustrasi kawasan semenanjung Korea. [googlemap]

SEOUL — Penasihat utama keamanan nasional Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang bertemu pada akhir pekan untuk membahas Korea Utara dan “denuklirisasi” Semenanjung Korea, kata Presiden Korea Selatan, Senin (19/3).

Pertemuan dua hari tersebut juga dapat membantu menyiapkan jalan bagi kemungkinan pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Pertemuan itu adalah yang terkini dalam serangkaian kegiatan diplomatik, yang mencakup Asia, AS dan Eropa, menjelang KTT Korea Utara dengan Korea Selatan dan AS.

Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui-yong bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS HR McMaster dan Penasihat Keamanan Nasional Jepang Shotaro Yachi untuk membahas pertemuan puncak Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, kata kantor kepresidenan Korea Selatan “Gedung Biru” di Seoul.

Mereka juga mendiskusikan kemungkinan pertemuan antara Trump dan Kim, katanya.

Penasihat keamanan ketiga negara tersebut membahas pelucutan senjata nuklir secara total di Semenanjung Korea, dan setuju untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu Serta bekerja sama secara erat.

Lihat juga...