Pesan Cinta Polwan Solo Melalui Aksi Bersih Sungai

Editor: Irvan Syafari

459

SOLO — Hari Air Seduia yang diperingati setiap 22 Maret besok, mulai disemarakkan diberbagai daerah di Indonesia. Di Solo, Jawa Tengah, puluhan polisi wanita (Polwan) Polresta Solo nekat berkotor ria untuk membersihkan sungai yang ada di dalam kota.

Kegatan membersihkan Sungai Gajah Putih, Sumber, Kecamatan Banjarsari Solo inipun turut mendapat perhatian masyarakat sekitar. Karena tak kurang 30 personil Polwan Solo dengan berseragam lengkap satu persatu mengambil puing-puing sampah yang ada di sungai tersebut.

Koordinator aksi bersih-bersih sungai, Iptu Umi Supriyati mengatakan, aksi yang dilakukan ini tak lain untuk menyambut hari air yang jatuh pada Kamis besok. Aksi spontanitas ini tak lain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama sungai untuk tidak digunakan membuang sampah.

“Aliran sungai kalau terhambat sampah yang kena repot juga masyarakat itu sendiri. Bersih-bersih sungai dari sampah ini sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat agar menjaga sungai, dan lingkungan sekitar,” kata Umi di sela kegiatan yang berlangsung hingga siang tadi, Rabu (21/3/2018).

Dipilihnya Sungai Gajah Putih kata dia, selama ini belum mendapatkan perhatian seriu baik dari warga setempat maupun pemerintah. Sebab, sejauh ini Pemkot Solo masih fokus dalam mengeruk sedimentasi di Sungai Pepe maupun pelebaran jembata di Kali Anyar.

“Karena itu, kami ingin mengajak masyarakat Sumber untuk bisa menjaga lingkungan terutama sungai dari sampah,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu Polwan Solo Eka Putri mengaku memiliki pengalaman baru terhadap sungai yang ada di Solo. Sejauh ini dirinya belum pernah turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah. Pengalaman ini menurutnya bukanlah hal buruk. Meski harus kotor, namun pesan moral yang ingin disampaikan merupakan tindakan mulia.

“Ya, tidak apa-apa kotor, yang penting lingkungan dan sungai bisa bersih. Tentu ini langkah awal untuk bisa mengajak masyarakat akan peduli alam sekitar. Peduli air, karena kegiatan ini untuk memperingati hari air sedunia. Sudah saatnya kita mencintai air, dengan menjaganya tetap bersih,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...