Petir Gandeng Kelurahan Kota Baru Rutin Bersihkan Lingkungan

Editor: Irvan Syafari

458

MAUMERE –– Pemuda Teguh Indonesia Raya (Petir) berkerja sama dengan Kelurahan Kota Baru dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) rutin melakukan bakti sosial membersihkan areal pertokoan di Kota Maumere. Pada musim hujan ini banyak saluran air tergenang dan menjadi sarang penyakit.

“Petir lebih dahulu menujukan sikap dengan selalu melakukan aksi bakti sosial agar masyarakat lebih sadar bagaimana menjaga lingkungan di sekitar kita. Dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini Kabupaten Sikka sedang disorot terkait sampah yang bertebaran di mana-mana,” ujar Johanes Enjang Vidorino, Jumat (9/3/2018).

Ketua DPC Petir Kabupaten Sikka ini kepada Cendana News mengatakan, secara bertahap Petir ingin menujukan niat tulus untuk menjaga lingkungan di Kabupaten Sikka ini karena didasari rasa cinta akan daerah ini.

“Destinasi wisata di Kabupaten Sikka sangat bagus, sehingga bila lingkungan tidak dijaga dan perilaku membuang sampah sembarangan masih terjadi maka destinasi wisata tersebut akan rusak dan tercemar,” sebutnya.

Johanes meminta warga Kabupaten Sikka agar mari bersama-sama membuang sampah pada tempatnya dan jangan merusak lingkungan. Banyak tembok-tembok juga dipenuhi coretan sehingga merusak keindahan kota.

“Kami bersedia bekerja sama dengan pemerintah untuk mengecat kembali tembok-tembok yang dipenuhi coretan. Bila dipercaya. maka kami siap menjaga agar tidak ada lagi aksi vandalisme,” tegasnya.

Kegiatan bakti sosial membersihkan lingkungan lanjut Johanes, juga merupakan program kerja dari Petir. Pihaknya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan termasuk menyediakan tempat sampah yang lebih meamadai.

“Anggota kami ada 60 orang di Kota Maumere dan juga sudah menyebar di 9 kecamatan. Kami juga berencana melakukan kegiatan lanjutan membersihkan lingkungan di Desa Habi dan Langir. Di sana, juga ada komunitas pemuda yang ingin bekerjasama dengan Petir untuk membersihkan lingkungan,” ungkapnya.

Lurah Kota Baru Kecamatan Alok Timur Eric Hermianus mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Petir dan DLH Sikka untuk sama-sama membersihkan lingkungan.

Dari aspek kebersihan, daerah pertokoan harus bersih karena merupakan daerah yang ramai dikunjungi orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Sikka maupun dari luar daerah.

“Setiap mata memandang ke tempat ini sehingga harus bersih dari sampah dan kita juga selalu lakukan kerja bakti membersihkan saluran dan tempat-tempat umum di areal Kelurahan Kota Baru” tuturnya.

Bersama Petir dan DLH Sikka lanjut Eric, pihaknya membersihkan got yang mampet, rerumputan serta menanam pepohonan seperti Tunjung, Glodok dan Pinang di areal pertokoan dan di tempat-tempat umum lainnya. Ini juga sesuai dengan moto Kecamatan Alok yakni Berhias, Bersih, Elok, Indah, Rapi dan Sehat.

Lurah Kota Baru Kecamatan Alok Timur Eric Hermianus (kedua kana) bersama Ketua Kelompok Pemuda Petir Johanes Enjang Vidorino (kiri) dan staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sikka-Foto: Ebed de Rosary

Kelurahan Kota Baru terang Eric, bekerja sama dengan DLH Sikka dan kelompok pemuda Petir. Dalam minggu ini sudah dua kali bekerja sama melakukan kerja bakti. Anak-anak muda di kelompok Petir sangat bersemangat menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga
Lihat juga...