PKK Gorontalo Ciptakan Program Ketahanan Pangan Keluarga

288
Ilustrasi tanaman sayur di pekarangan rumah/Foto: Dokumentasi CDN.

GORONTALO — Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, lakukan inovasi dengan menciptakan program untuk ketahanan pangan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, menjelaskan program tersebut diharapakan bisa membuat keluarga dapat mencukupi kebutuhan bahan pokok.

“Program ini bertujuan agar keluarga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok sehari-hari dan dapat meminimalisir pengeluaran bulanan,” katanya, Sabtu (3/3).

Ia menjelaskan, keluarga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam, seperti halnya untuk menanam sayuran, apotik hidup, dan membuat kolam ikan.

“Jadi rumah tangga hanya perlu membeli gula dan garam saja, karena sayuran atau tanaman lainnya sudah ada di pekarangan rumah,” tambahnya.

Ia mengharapkan agar ibu-ibu dapat berperan aktif untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai tanaman untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, juga telah melaksanakan program generasi “PAUD Cerdas Desa” untuk mewujudkan generasi emas di tahun 2045.

Fory yang juga sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Gorontalo menjelaskan bahwa untuk melahirkan generasi emas di tahun 2045, haruslah dirintis sejak sekarang melalui pendidikan PAUD bagi anak usia balita.

“Saya berharap dengan adanya program ini di Kabupaten Gorontalo, maka anak-anak akan lahir dengan lebih memiliki komitmen kerja keras dan kerja cerdas serta berbudi pekerti yang luhur nantinya,” harapnya (Ant).

Baca Juga
Lihat juga...