hut

Polres Lamsel Gelar Service Gratis Bagi Warga Terdampak Banjir

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Banjir luapan Sungai Way Sekampung yang melanda wilayah Dusun Bunut Utara, Umbul Besar, Sumberjaya di Desa Bandar Agung, lampung Selatan, selama lebih dari sepekan, berimbas pada rusaknya ratusan kendaraan roda dua di wilayah tersebut.

Sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang sebagian berpofesi sebagai petambak, nelayan, Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan menggelar aksi servis gratis bagi warga setempat.

Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Reza Khomeini dalam kesempatan servis gratis kendaraan roda dua korban banjir di Bandar Agung, Sragi. [Foto: Henk Widi]
Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Reza Khomeini, menyebut servis gratis diadakan bekerja sama dengan Tunas Dwipa Motor, salah satu dealer pabrikan motor di Kalianda, Lampung Selatan.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak banjir, dan untuk meringankan beban warga yang kendaraan roda duanya mengalami kerusakan.

Kerusakan pada kendaraan roda dua umumnya berupa karburator bermasalah akibat terkena air, busi mati, rantai berkarat dan berbagai kerusakan ringan hingga berat. Mantan Kasatlantas Mesuji ini mengatakan, kegiatan dilakukan di Dusun Umbul Besar sebagai lokasi paling banyak terdampak banjir.

“Satlantas Polres Lamsel peduli korban banjir, khususnya pada pemilik kendaraan bermotor dan momen ini bertepatan dengan operasi keselamatan krakatau bagi pengguna kendaraan. Harapan kami, warga ikut terbantu karena servis diberikan secara gratis,” terang AKP Reza Khomeini, di Desa Bandar Agung, Selasa (20/3/2018).

Pascabanjir yang terjadi, warga masih fokus membersihkan rumah dan perabotan. Dan, membutuhkan biaya untuk perbaikan rumah, sehingga bantuan perbaikan motor ikut meringankan beban warga.

Menurut Reza, korban banjir di wilayah Desa Umbul Besar berjumlah sekitar 120 kepala keluarga. Sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing. Sebelumnya, para korban banjir harus melintasi akses jalan dengan lumpur dan penuh genangan air, sehingga sebagian kendaraan mengalami kerusakan.

Ia menjelaskan, perbaikan dilakukan sesuai tingkat kerusakan dan peralatan yang dibawa oleh mekanik.

Jekson Sidabalok, Service Advisor Tunas Dwipa Motor Kalianda, mengatakan, kegiatan servis akan digelar selama tiga hari mulai Senin (20/3) hingga Rabu (22/3), dengan target perbaikan 100 motor.

Jekson Sidabalok, Service Advisor TDM Kalianda. [Foto: Henk Widi]
Menurutnya, kendaraan motor roda dua yang diservis rata-rata bermasalah pada bagian karburator dan bagian rantai, sehingga dilakukan pembongkaran. Meski demikian, Jekson Sidabalok mengungkapkan untuk servis menyeluruh warga bisa mendatangi bengkel terdekat yang ada di wilayah Ketapang.

“Karena peralatan yang kita bawa terbatas, kami hanya melakukan penggantian oli dan busi serta perbaikan ringan,” beber Jekson Sidabalok.

Sebanyak lima mekanik, kata Jekson Sidabalok, dikerahkan untuk perbaikan kendaraan roda dua milik warga.

Hadiyanto, Kepala Dusun Umbul Besar, mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian Polres Lamsel melalui Satlantas. Ia mengatakan, ratusan warga sudah diberi pengumuman untuk membawa kendaraan roda dua yang mengalami kerusakan.

Selain meringankan beban warga, servis gratis bisa ikut memudahkan warga untuk mendapat pelayanan sistem jemput bola. Sebab, warga berada di lokasi yang jauh dari bengkel servis kendaraan.

Lihat juga...