banner lebaran

Posdaya Bunga Tanjung Merekat Kebersamaan

Editor: Koko Triarko

206

PADANG – Posdaya Bunga Tanjung di Kelurahan Pitameh Tanjung Saba Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat, menjalankan empat bidang pemberdayaan, meliputi pendidikan, lingkungan, ekonomi dan kesehatan.

Ketua Posdaya Bunga Tanjung, Sayu Putu Ratniati, mengatakan mengingat penduduk yang berada di kawasan Posdaya Bunga Tanjung merupakan masyarakat yang hidup dalam kondisi keluarga sejahtera 1 (KS1), membuat peran empat pilar berjalan dengan baik.

Bahkan, dengan aktifnya menjalankan empat pilar itu, membuat silaturahmi sesama masyarakat terlihat lebih erat. Aritnya, melalui posdaya, telah mampu menciptakan kerukunan hidup bermasyarakat yang ada di Kelurahan Pitameh Tanjung Saba Nan XX.

“Saya bersama masyarakat di sini, berkomitmen menjalankan empat pilar itu. Apalagi, sejauh ini empat pilar telah memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat,” katanya, Selasa (27/3/2018).

Ia menjelaskan, empat pilar tersebut yakni untuk pilar pendidikan, Posdaya Bunga Tanjung turut berperan dalam kemajuan Taman Kanak-kanak, Pendidikan Anan Usia Dini, Majelis Taklim dan Bundo Kanduang. Untuk pendidikan ini Posdaya turut memberikan sejumlah bantuan atau pun dukungan terhadap keberlangsungan tempat pendidikan tersebut.

Pilar kesehatan, Posdaya Bunga Tanjung melakukan kegiatan Posyandu Balitan dan Posyandu Lansia. Untuk layanan kesehatan yandu ini, Posdaya Bunga Tanjung membagi kepada dua tempat, dan dua kali pula dilakukan.

“Posyandu Lansia di Posdaya Bunga Tanjung dua kali. Pertama di hari Senin kedua di Tanjung Saba, Selesa kedua di Pitameh Nunsa Indah. Kegiatan Posyandu Lansia itu dilakukan dua kali sebulan,” ujarnya.

Untuk kegiatan Posyandu Landiri ini jumlah lansia yang ikut mendapatkan layanan kesehatan sebanyak lebih dari 50 orang. Hal yang dilakukan ialah periksa gula darah, kolesterol, berat badan, dan penyuluhan tentang penyakit menular. Lalu, juga senam lansia yang rutin dilakukan setiap hari Minggu.

Sementara untuk Posyandu Balita, dilakukan pada hari Rabu minggu pertama setiap  bulannya dengan jumlah balita sekira 55 anak. Lalu, di lokasi Bunga Tanjung pada hari Rabu minggu kedua, ada sekira 80 lebih.

“Kalau untuk pilar lingkungan kita punya kebun bergizi yang ada di kantor lurah, beragam isi tanamannya. Ada sayur dan juga tanaman obat,” katanya.

Sedangkan untuk pilar di bidang ekonomi ditopang oleh melalui pinjaman modal usaha dari Tabur Puja.

Di Posdaya Bunga Tanjung ada sekira 85 orang yang mendapat pinjaman dari Tabur Puja. Usaha yang dijalani beragam, mulai dari usaha rumahan, kerajinan, dan usaha warung kalontong.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.