RSUD Beriman Balikpapan Tindaklanjuti Keluhan Masyarakat

Editor: Koko Triarko

528

BALIKPAPAN — Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan menindaklanjuti keluhan pengunjung, Rumah Sakit  Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan menyediakan layanan sistem pengolahan pengaduan masyarakat.

Direktur RSUD Beriman Balikpapan, dr. Cokorda Ratih Kusuma, menjelaskan semua pegawai terus meningkatkan pelayanan untuk pengunjung rumah sakit. Keluhan-keluhan yang masuk selalu ditindaklanjuti dan dievaluasi, sehingga penyediaan layanan sistem pengolahan pengaduan masyarakat sebagai langkah tindak lanjut dapat berjalan maksimal.

“Keluhan-keluhan pasti ada dan yang masuk itu kami evaluasi untuk ditindaklanjuti. Kami anggap masyarakat itu sebagai pengawas publik,” katanya, Jumat (9/3/2018).

Direktur RSUD Beriman Balikpapan, dr. Cokorda Ratih Kusuma. –Foto: Ferry Cahyanti

Ia menjelaskan, dalam pelayanan pasti ada keluhan dan sambil berjalan dilakukan evaluasi, baik dari sisi SDM, sarana dan prasarana atau standar pelayanan SOP.

“Keluhan itu dianggap sebagai bahan masukan untuk terus meningkatkan pelayanan,” tandasnya.

RSUD Beriman Balikpapan yang masuk kategoroi tipe C ini terdapat empat dasar, yaitu untuk kandungan, rawat jalan, anak dan bedah. Hampir seluruh fasilitas yang menunjang sudah terpenuhi.

Ada pun jumlah tenaga medis berjumlah 420 orang, termasuk tenaga dokter, dengan kunjungan pasien sekitar 8.000-an. Sedangkan jumlah kamar tidur terdapat 115 unit dengan dua ruang infeksius.

“Ke depan, kita melakukan perluasan seperti kapasitas seperti tempat tidur, dengan adanya tambahan poliklinik, dengan banyak pasien yang masuk untuk rawat inap,” ungkapnya.

RSUD Balikpapan yang telah berdiri tiga tahun ini sudah meraih beberapa prestasi, di antaranya akreditasi rumah sakit paripurna bintang lima, penghargaan pelayanan publik sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan penghargaan pengolahan lingkungan yang baik dengan rapor biru pada 2017.

“Dari raihan prestasi yang diperoleh  menjadi alat motivasi kami, semua pegawai agar terus meningkatkan pelayanan,” ujar Ratih.

Baca Juga
Lihat juga...