Rubaca Jalosi Sanak Negeri Siapkan Regenerasi Relawan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

466

LAMPUNG — Rumah baca (Rubaca) Jalosi Sanak Negeri di Pekon Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung terus melakukan inovasi dalam metode pembelajaran.

Tamar Widadi (26), pendiri dan pengelola menyebutkan, Rubaca Jalosi Sanak Negeri menerapkan metode belajar menyenangkan yang bisa menciptakan semangat menjadi relawan. Pembenahan fasilitas belajar, sumber daya manusia bahkan terus dilakukan untuk peningkatan budaya literasi.

Semua orang memiliki potensi menjadi relawan bahkan bisa berasal dari dalam diri seseorang untuk tergerak secara sukarela dari dalam hati (faktor internal) maupun faktor luar atau eksternal.

Faktor eksternal berasal dari pengaruh ataupun situasi dan kondisi di lingkungan sekitar tempat tinggal anak, sehingga merasa terpanggil untuk melakukan pekerjaan secara sukarela.

“Sebagai pengelola rumah baca Jalosi Sanak Negeri saya tidak akan selamanya terjun dalam proses mengajar karena kesibukan atau pekerjaan lain sehingga perlu ada anak-anak di rubaca yang juga bisa menjadi relawan bagi rekan rekan sebayanya,” terang Tamar Widadi kepada Cendana News, Kamis (29/3/2018).

Dengan pendekatan yang sesuai dengan kondisi perkembangan psikologis dan emosional anak maka akan tumbuh rasa simpati dan empati anak untuk melakukan sesuatu secara tulus ikhlas sukarela.

Tamar Widadi selaku pengelola rumah baca Jalosi Sanak Negeri memegang papan tulis untuk proses belajar [Foto: Henk Widi]
Salah satu upaya engan menggunakan metode peer teaching atau belajar dengan teman sebaya. Pelaksanaan tekhnik tersebut, anak yang sudah duduk di kelas 4-5 diarahkan untuk membantu mengajar adik adik yang belum sekolah, anak usia PAUD maupun adik kelasnya.

“Selanjutnya anak binaan yang sudah mampu membantu dalam belajar diberi arahan untuk memimpin sebuah game, materi sederhana sehingga terkesan mereka sedang bermain, padahal mereka belajar,” terang Tamar.

Permainan sekaligus materi belajar disebut Tamar akan membangun komunikasi yang mengandung unsur pengetahuan antar teman sebaya sehingga secara tidak sadar mereka secara sukarela sedang berbagi ilmu dengan temannya.

Baca Juga
Lihat juga...