Sandiaga Ingin Sandingkan Ondel-Ondel dengan Maskot Asian Games 2018

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

282

JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno ingin mempromosikan ondel-ondel pada saat perhelatan Asian Games 2018 yang jatuh 18 Agustus 2018 di Jakarta dengan memadukan antara kedua karakter tersebut.

Dia mencontohkan ondel-ondel dapat dipadukan dengan tiga karakter sebagai maskot Asian Games yakni Bhin-Bhin, Kaka dan Atung.

“Alangkah baiknya kalau mereka diubah menjadi kostumnya untuk enam bulan ke depan menjadi kostum Atung berpasangan ondel-ondel Betawi,” ucap Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Dia menilai perpaduan ondel-ondel betawi ini merupakan asimilasi antara budaya betawi dan Asian Games. Selain itu bisa terciptanya lapangan pekerjaan.

“Dengan itu terjadilah asimilasi antara budaya betawi dengan Asian Games. Ini yang langsung dan selain itu juga menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Dirinya mengakui sudah membahas rencana tersebut dengan Ketua Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir.

Rencananya menggunakan ondel-ondel sebagai maskot Asian Games ini karena dinilai dapat digunakan untuk sosialisasi. Hal tersebut lantaran masih minimnya warga yang belum mengetahui perhelatan Asian Games.

Sandiaga menyarankan nantinya kotum ondel-ondel yang akan disosialisasikan di jalan atau di setiap event diganti dengan kostum tiga maskot Asian Games tersebut.

Sandiaga menyampaikan untuk konstum maskot Asian Games itu, akan melakukan pemesanan langsung supaya unsur ondel-ondelnya tidak hilang meskipun kostum diganti dengan pakaian maskot Asian Games 2018.

Baca Juga
Lihat juga...