Sandiaga: Kondisi Kesehatan Habibie Membaik

Editor: Koko Triarko

191
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno usai menerima komando armabar dinas pembinaan potensi maritim di ruang rapat pimpinan secara tertutup di kantor Blok G, Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018). Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, mengatakan, B.J. Habibie saat ini tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Kota Muenchen, Jerman. Dia menuturkan, kondisi Habibie pagi ini sudah dalam keadaan membaik. 

“Keadaannya terpantau baik. Hari ini tadi pagi saya baru mendapatkan laporan keadaannya alhamdulilah baik,” kata Sandiaga, di Gedung Blok G, Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Dia mengaku informasi tersebut didapat dari pihak keluargam, dan ia mengaku masih memiliki hubungan baik dengan keluarga B.J. Habibie. “Saya terhubung sudah langsung sama keluarganya, karena kami masih kerabat,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, pihak keluarga menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang ikut mendoakan kesembuhan Habibie. “Pak Habibie berterima kasih atas semua doa yang diberikan rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Sandiaga pun turut mendoakan keadaan Habibie yang kini tengah terbaring di rumah sakit di Jerman segera pulih. “Saya mendoakan Pak Habibie, agar segera pulih,” ucapnya.

Menurut Sekretaris pribadi B.J. Habibie, Rubijanto, dalam keterangan tertulisnya, mengabarkan B.J. Habibie mulai merasakan sesak nafas pada Selasa 27 Februari 2018. Kemudian dibawa ke klinik Starnberg di Muenchen, Jerman. Tim dokter langsung memeriksa Habibie.

“Diketahui, klep jantung termonitor ada kebocoran selayaknya yang dialami almarhumah Ibu Ainun Habibie,” ucapnya.

Akibat kebocoran klep jantung itu terjadi penumpukan air pada paru-paru hingga 1,5 liter, sehingga terasa sulit atau sesak bernafas. Selain itu, tensi Habibie meningkat sampai 180.

Dokter di Muenchen memberikan dua opsi untuk Habibie segera menjalani operasi jantung atau menempuh pengobatan dengan cara yang lebih canggih. Pihaknya, memilih Habibie untuk dioperasi dengan metode baru yang lebih canggih.

Habibie berharap, pada pelaksanaan tindakan operasi jantung di Muenchen nantinya dapat dihadiri atau disaksikan oleh dua dokter spesialis jantung dari Tim Dokter Kepresidenan RI dan seorang personel Paspampres.

Presiden RI, Joko Widodo, juga akan mengirimkan dokter kepresidenan ke Muenchen, Jerman untuk memantau kondisi kesehatan presiden ketiga RI.

Baca Juga
Lihat juga...