Sandiaga: Program OK OCE Jadikan Lulusan SMK Mandiri

Editor: Irvan Syafari

421

JAKARTA —- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri kegiatan penandatangan mengenai perjanjian kerja sama dengan SMK Bidang Pariwisata di wilayah DKI Jakarta. Kerja sama ini juga mengandeng PT Jakarta Tourisindo (Jaktour).

Menurut Sandi, kerja sama ini merupakan pada bentuk mewujudkan pendidikan dan menyiapkan lapangan kerja berkualitas di Ibu Kota. Sandi menilai saat ini Jakarta butuh banyak tenaga yang memiliki keterampilan, lantaran sebanyak 30 persen yang dari lulusan SMK siswa dan siswinya menganggur.

“Melalui kerja sama dengan Jaktour, mereka bisa langsung disalurkan untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka sukses dan profesional,” katanya di SMK Bidang Pariwisata, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (27/3/2018).

Dengan kerja sama ini, nantinya anak-anak SMK Bidang Pariwisata di Jakarta dapat mengenal dunia kerja profesional dengan melakukan pelatihan terlebih dahulu di Jaktour di bidang Hotel dan Pariwisata. Dikarenakan, anak-anak tersebut sedang masa produktifnya.

“Nah di sini anak-anak SMK akan ada dalam golden age-nya (masa emas anak). Lagi produktif-produktifnya, lagi lucu-lucunya, lagi rajin-rajinnya. Jadi, kami akan dorong kerja sama dengan Jaktour agar bersinergi dan bisa membuka wawasan dan buka lapangan kerja seluas-luasnya,” tuturnya.

Mantan pengusaha ini berharap anak-anak lulusan SMK se-Jakarta dapat mengikuti gerakan dan program OK OCE, yang telah tersebar di seluruh kecamatan wilayah Jakarta.

“Lulusan SMK bisa mengikuti OK OCE. Tiga tahun sekolah setalah itu ikut OK OCE satu tahun sehingga nantinya, bukan hanya bisa diserap dunia kerja tapi juga berwirausaha secara mandiri,” ungkapnya.

Selain penandatangan perjanjian kerja sama, kegiatan ini juga disertai dengan penyerahan lisensi lembaga sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada SMK DKI Jakarta.

“Ada pengakuan. BNSP ini kan lembaga negara untuk memberikan pengakuan kepada institusi SMKN agar memberikan pelatihan dan sertifikasi, sehingga mereka bisa mencari kerja jauh lebih baik dan mudah,” paparnya.

Dia mendukung SMK se-Jakarta untuk bergabung ke Jaktour. Agar mendorong pariwasata di Jakarta. Sementara ada 78 sekolah yang akan mendapatkan lisensi dari BNSP dan kerja sama dengan Jaktourm

“Tadi pas tanda tangan ada 34 sekolah, tapi kemudian ada 78 yang sedang dalam proses. Jadi ini nanti semua sama kita dorong. Kita lihat ini tulang punggung kita,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...