Sehat dan Bebas TBC, Puskesmas Nelle Kampanyekan Peduli TBC

Editor: Irvan Syafari

387

MAUMERE — Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Kecamatan Nelle supaya peduli dan tanggap terhadap penyakit TBC, pihak Puskesmas Nelle menggelar Kampanye Peduli TBC dengan melibatkan segenap komponen di pemerintahan dan masyarakat.

“Kegiatan kampanye ini bertujuan untuk menjadikan kecamatan Nelle sehat dan bebas TBC. Kegiatan ini juga untuk memeriahkan peringatan hari TBC se dunia yang biasa dirayakan setiap tanggal 24 Maret,” ujar Kepala Puskesmas Nelle Lusia Marice, Jumat (23/3/2018).

Untuk Kecamatan Nelle lanjut Lusia pada 2017 ditemukan ada 6 penderita TBC. Dari jumlah itu, tiga di antaranya telah dinyatakan sehat sementara tiga lainnya masih mendapat pengobatan dari Puskesmas Nelle.

“Hingga Maret tahun 2018, melalui kegiatan Ketuk Pintu atau kunjungan ke rumah didapat suspect TBC sebanyak 48 orang. Dan setelah melalui proses pemeriksaan dahak, 4 orang dinyatakan positif menderita TBC,” bebernya.

Lebih lanjut, Lusia mengharapkan agar melalui kegiatan Kampanye Peduli TBC ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli dan mau melaporkan keluarga yang menderita TBC ke Puskesmas Nelle untuk mendapat pengobatan.

Camat Nelle Laurensius Regi mengharapkan, agar Kampanye Peduli TBC ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak dan bahaya TBC bagi manusia, terutama masyarakat Nelle.

“Kegiatan semacam ini perlu dilakukan mengingat kesadaran masyarakat kita untuk peduli terhadap kesehatan masih rendah.Untuk itu pihak Puskesmas harus melakukan sosialisasi terus menerus ke masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan kampanye diawali dengan jalan sehat sepanjang sekitar satu kilometer. Sepanjang jalan dilakukan kampanye dan pembagian brosur yang isinya terkait gejala dan penanganan bagi Penderita TBC.

Gerak jalan untuk memperingati Hari TBC Sedunia di kecamatan Nelle-Foto: Ebed de Rosary.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi penyakit TBC oleh Dokter Melati P. I. S. Sitorus dan diakhiri dengan acara “door prize” bagi peserta jalan sehat. Kegiatan Kampanye TBC ini mengangkat tema “Gerakan Peduli TB menuju Indonesia Sehat”.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.