Sensasi Kuliner Bakso Malang di Tengah Indahnya Sunset

Editor: Satmoko

448

BALIKPAPAN – Berkunjung ke Kota Balikpapan tentu belum lengkap bila Anda tidak berkunjung ke Melawai di Jalan Jenderal Sudirman.

Selain menikmati suasana angin pantai, di pinggir kawasan Melawai ada banyak kuliner makanan dan minuman yang disajikan para pedagang. Lokasinya juga tak jauh dari pusat kota dan sangat dekat dengan Pelabuhan Semayang.

Para pedagang menjajakan kuliner jelang sore hari, saat matahari akan terbenam hingga tengah malam. Bakso Malang, misalnya, kuliner yang satu ini bisa ditemui pada sore hari. Sekaligus menikmati bakso, dapat melihat keindahan sunset di pinggir Pantai Melawai.

Bakso Malang memang menjadi kuliner pilihan bagi pengunjung Melawai. Terbukti sejak sore hari dibuka sudah dipenuhi penikmat bakso. “Karena cuaca mendukung untuk makan bakso Malang ini, jadi saya mencoba. Karena saya lihat juga ramai pembeli, kenapa tidak mencoba,” kata Hendra, salah seorang penikmat kuliner bakso, Sabtu (10/3/2018).

Imam pedagang Bakso Malang di kawasan Melawai Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

Menurut Hendra, setelah mencoba ternyata rasanya enak, apalagi isi baksonya lengkap.

“Baksonya komplit dengan pangsit goreng dan mi, tahu goreng maupun putih. Kemudian kuah baksonya terasa gurih, apalagi kalau ditambah saos dan kecap, sedikit sambal. Wah terasa sangat nikmat,” ucapnya sembari menikmati bakso yang baru disajikan.

Meta (32) yang juga penikmat bakso mengatakan, sangat menggemari kuliner yang satu ini. “Katanya bakso ini enak dan dapat info dari teman kalau sore ramai pengunjung. Saya datang sudah kedua kalinya, sekali ketagihan, dan kedua kalinya ingin merasakan lagi,” gebunya.

Bakso dibuat dari daging yang segar, membuat rasanya khas terasa kekenyalan daging. Bakso disajikan dengan mie kuning dan putih, kemudian dilengkapi kerupuk pangsit, tahu goreng dan rebus.

“Buka pada sore hari hingga malam, setiap harinya membuat 400 porsi. Setiap hari habis, bahkan kalau week end bisa lebih dari 400 mangkok,” kata Imam, pedagang Bakso Malang di Melawai Balikpapan.

Suasana makan bakso Malang di kawasan Melawai Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

Ia memulai berjualan bakso sejak dua tahun lalu. Pengalamannya belajar membuat bakso dari kawannya yang bisa membuat bakso. Kemudian, mencoba membuat sendiri dilengkapi dengan kerupuk pangsit.

“Ada beda sedikit sih, baksonya ada kerupuk pangsit jadi terasa nikmat. Suasananya juga menambah nikmat untuk makan. Meski makannya hanya lesehan,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...