banner lebaran

Serdang Bedagai Maksimalkan Potensi Alam dan Pertanian

277
Ilustrasi -Dok: CDN

SERDANG BEDAGAI – Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berupaya menjadi salah satu daerah “Kampung Pangan” di Indonesia, mengingat potensi di sektor pertaniannya yang cukup banyak.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, mengatakan, Serdang Bedagai memiliki potensi daerah yang cukup lengkap, mulai dari hasil laut hingga perkebunan, serta pertanian. Saat ini, daerah itu merupakan lumbung beras di Sumatera Utara.

Mengingat potensi pertanian yang cukup besar tersebut, pemerintah daerah berupaya menjadi salah satu ‘Kampung Pangan’ di Indonesia.

“Istilah ‘Kampung Pangan’ merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Sergai, agar giat meningkatkan hasil pertanian sebagai sumber pangan, dan selalu mencintai makanan tradisional sebagai ciri khas budaya kita,” katanya, Jumat (23/3/2018).

Ia juga menyampaikan harapannya, agar kabupaten yang memiliki keberagaman budaya tersebut dapat memiliki wisata agro, sehingga menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke daerah itu.

“Dengan adanya agro wisata, para wisatawan diajak untuk tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga pengalaman bercocok tanam atau pun memanen hasilnya. Ini yang sedang kami upayakan, semoga ke depan niat tersebut bisa diwujudkan,” katanya.

Ia juga menyebutkan, Serdang Bedagai merupakan kabupaten yang multietnis, memiliki ciri khas budaya yang beraneka ragam, sehingga tidak hanya sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan saja, tetapi keberagaman budaya itu juga dapat diberdayakan secara optimal, sehingga mampu menarik investor untuk melakukan kegiatan usaha yang menjanjikan.

“Artinya, demi menjadikan daerah tujuan wisata, yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan tetap menjaga dan melestarikan berbagai budaya tradisi serta aneka kesenian tradisional”, pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.