banner lebaran

Sesuai Wasiat, Probosutedjo akan Dimakamkan di Samping Makam Ayahnya

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.189

YOGYAKARTA — Almarhum Probosutedjo, yang merupakan adik Presiden kedua RI, HM Soeharto rencananya dimakamkan tepat di samping mendiang ayahnya, yakni Alm Atmopawiro yang berada di Makam Somenggalan, Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Hal itu sebagaimana pesan Alm Probosutejo semasa hidup, yang memang ingin dimakamkan tepat di samping ayahnya.

“Semasa hidup almarhum memang selalu berpesan ingin dimakamkan di dekat makam ayahnya. Setiap nyekar ke sini selalu berpesan begitu,” ujar Cahyo Gunawan yang merupakan keponakan sekaligus anak angkat Probosutedjo, saat ditemui Cendananews di Makam Somenggalan.

Selain bersebelahan dengan ayahnya, makam almarhum Probosutedjo nantinya juga akan bersanding dengan kerabatnya yakni Alm Joyo Wigeno yang berada di sebelah kiri.

Cahyo Gunawan
Cahyo Gunawan, keponakan sekaligus anak angkat Probosutedjo. Foto: Jatmika H Kusmargana

Hingga siang ini, liang lahat tempat peristirahan terakhir Alm Probosutejo telah selesai dikeduk. Sejumlah kursi-kursi untuk tamu acara pemakaman juga sudah nampak disiapkan. Sejumlah karangan bunga juga nampak terpajang di depan makam.

Sebagai informasi, makam Somenggalan sendiri merupakan kompleks makam para pejuang yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan RI. Di makam inilah puluhan warga dusun Kemusuk termasuk ayah dari Probosutedjo dimakamkan setelah dibumihanguskan oleh Belanda untuk mencari Pak Harto di masa Agresi Militer Belanda ke II.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.