banner lebaran

Siswa MI Nurul Hidayah Praktik Memasak Makanan Sehat

Editor: Irvan Syafari

273

LAMPUNG — Siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah, Desa Padan melakukan ujian praktik sejumlah mata pelajaran di antaranya Bahasa Arab, Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, membaca Alquran dan Hadist, serta pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).

Pada hari Kamis (29/3) Kepala Sekolah MI Nurul Hidayah Siti Nurjanah menuturkan, ujian praktik SBDP dengan melakukan kegiatan memasak makanan sehat.

Ujian akhir praktik memasak makanan sehat diakuinya menjadi salah langkah untuk mengenalkan cara pemilihan bahan baku makanan hingga penyajian. Siti Nurjanah menyebut sebanyak 19 siswa kelas 6 tersebut sudah mempersiapkan semua bahan makanan dan memasak sejak pagi. Sebanyak 19 siswa dibagi dalam dua kelompok dengan memberikan sajian yang akan dihidangkan sekaligus dilakukan penilaian.

“Pelaksanaan ujian praktik kita dahulukan agar tidak mengganggu siswa yang pekan depan akan melakukan latihan ujian madrasah selanjutnya dilakukan ujian akhir madrasah,” terang Siti Nurjanah kepada Cendana News, Kamis (29/3/2018).

Siti Nurjanah mengatakan, anak anak sekolah kerap dihadapkan pada makanan makanan instan. Melalui ujian praktik menyiapkan makanan sehat terdiri dari sumber karbohidrat, protein, sayuran, buah dan susu anak anak sudah sejak dini mengetahui sumber makanan sehat.

“Saat ujian praktik penyediaan makanan sehat dalam pelajaran seni budaya dan prakarya, kita hadirkan orangtua sehingga bisa ikut membantu penyediaan makanan sehat selama ujian,” beber Siti Nurjanah.

Abdul Rohman, selaku pengawas MI Kementerian Agama Lampung Selatan Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Kalianda dan Kecamatan Penengahan mengungkapkan, pihaknya melakukan pengawasan terhadap sebanyak 8 MI. Selain pengawas MI, ia juga melakukan pengawasan terhadap sejumlah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sejumlah sekolah dasar.

Kedatangan ke sejumlah MI memberi himbauan kepada sejumlah kepala sekolah dan guru kelas 6 untuk lebih memberi perhatian kepada siswa. Kepada guru kelas 6 Abdul Rohman berpesan agar guru kelas memberi kisi-kisi sekaligus latihan soal untuk persiapan ujian akhir madrasah serta Ujian Akhir Siswa Berstandar Nasional.

Para pelajar kelas 6 MI Nurul Hidayah, Desa Padan, Kecamatan Penengahan -Foto: Henk Widi.

“Selain hari ini bertepatan dengan ujian praktik saya juga bisa memberikan himbauan kepada guru melakukan latihan ujian dan siswa rajin belajar dan menjaga kesehatan agar bisa mengikuti ujian dengan baik,” pungkas Rohman.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.