Siswa SMK PGRI 3 Malang Ciptakan ‘Kunci Motor Jarak Jauh’

Editor: Koko Triarko

345

MALANG – Aksi kejahatan pencurian motor (curanmor) serta begal yang masih kerap terjadi, memaksa pengendara maupun pemilik motor harus lebih waspada dan berhati-hati jika tidak ingin menjadi korban.

Menanggapi fenomen tersebut, guru dan beberapa siswa Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang berinisiatif membuat aplikasi anti maling bernama Smart Motor Key (SMK).

Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis), Aditya Febrian, menjelaskan, pada sistem SMK, sepeda motor dapat dinyalakan dan dimatikan dari jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi SMK di handphone yang terhubung dengan  sebuah alat pada sepeda motor melalui bluetooth.

“Jadi, handphone pemilik motor akan menjadi sebuah sistem kendali (stater) untuk menyalakan dan mematikan mesin motor. Sehingga motor tidak perlu lagi menggunakan kunci yang disertakan oleh pabrik,” jelasnya.

Dengan memanfaatkan aplikasi SMK,  meskipun pencuri motor memakai kunci atau peralatan apa pun untuk menghidupkannya, mesin motor tetap tidak akan menyala karena kendalinya ada di aplikasi SMK yang ada pada handphone pemilik motor.

Hanya saja, karena masih menggunakan bluetooth, sehingga penggunaan fungsi stater aplikasi SMK tidak bisa terlalu jauh dan tidak boleh terhalang dinding.

Lebih lanjut, Aditya mengatakan, sesuai tujuan dibuatnya Smart Motor Key yakni untuk menghindarkan dari kejahatan curanmor maupun begal, pada aplikasi SMK juga dilengkapi alarm.

“Jadi, nanti kalau pencuri memaksa menyalakan mesin dengan menggunakan alat, maka alarm akan berbunyi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, aplikasi SMK juga dilengkapi Global Positioning System (GPS) untuk mengetahui keberadaan sepeda motor. “Jadi, masyarakat tidak perlu susah-susah beli alat pengaman lainnya, cukup dengan aplikasi ini sudah tersedia fasilitas stater, GPS dan alarm,” ucapnya.

Aditya juga menyebutkan, untuk saat ini aplikasi SMK masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan, sehingga belum bisa diperjualbelikan.

Baca Juga
Lihat juga...