Soeharjo Soebardi: Sulit Mencari ‘Pengganti’ Pak Probo

Editor: Koko Triarko

487

YOGYAKARTA – Berpulangnya almarhum H Probosutedjo, tak hanya meninggalkan duka bagi keluarga, kerabat dan sanak saudara, namun juga bagi masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia.

Pasalnya, selain dikenal sebagai pendidik dan pengusaha sukses, almarhum Probosutedjo juga dikenal memiliki kepedulian yang sangat tinggi dalam dunia pendidikan, yakni untuk mendidik generasi muda.

“Masyarakat dan generasi muda sangat kehilangan dengan wafatnya Pak Probo. Karena saya rasa akan susah mencari penggantinya. Mudah-mudahan ada filantropis Pak Probo lainnya. Sosok yang tidak berpikir untung-rugi demi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Soeharjo Soebardi, adik almarhum.

Menurut Soeharjo, almarhum Probosutedjo merupakan sosok yang tidak pernah segan mengeluarkan biaya banyak untuk membangun dunia pendidikan. Hal itu dibuktikannya dengan banyak membangun sekolah-sekolah mulai dari TK hingga Universitas untuk mendidik anak muda Indonesia.

“Dari Universitas Mercu Buwana saja ada ribuan lulusan per tahun. Belum bantuan pribadi yang diberikannya kepada orang per orang. Karena dulu Pak Probo selalu memberikan stimulus pada para lulusan berprestasi, agar lebih maju,” katanya.

Soeharjo berharap, agar pemikiran, dedikasi dan ide-ide almarhum Probosutedjo selama ini dapat diteruskan, khususnya oleh pihak keluarga. Pasalnya, apa yang telah dilakukan almarhum selama ini sangat berharga bagi masa depan bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan, ide Pak Probo bisa kita teruskan. Saya juga akan minta pihak keluarga untuk meneruskan. Jangan sampai berhenti, sayang. Karena masih banyak cita-cita beliau yang belum sampai. Masih banyak hal yang harus dilakukan,” katanya.

Lihat juga...