Solok Selatan Klaim Sebagai Jantungnya Minangkabau

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

429

PADANG — Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan, daerah yang terkenal dengan sebutan seribu rumah gadang merupakan jantungnya Minangkabau. Hal tersebut tertuang dalam desain logo yang khas dengan atap rumah gadang, serta memiliki tagline “Heart of Minangkabau”.

“Jadi pada logo ini, disebutkan bahwa Solok Selatan merupakan jantungnya Minangkabau. Hal ini tentu beralasan, karena di daerah tersebut terdapat ratusan rumah gadang yang merupakan bangunan khas Sumatera Barat,” katanya di Padang, Kamis (29/3/2018).

Selain memiliki rumah gadang yang mencapai 836 unit, di Solok Selatan juga terdapat sejumlah budaya yang saat ini masih tetap terjaga di kawasan tersebut.

“Ketika ada orang luar yang datang ke Solok Selatan, maka akan merasakan bagaimana datang ke sebuah kampungnya orang Minangkabau,” sebutnya.

Saat ini jumlah rumah gadang di Solok Selatan mencapai 836 unit. Kemudian yang lagi populer adalah Kawasan Seribu Rumah Gadang di Koto Baru.

Daerah tersebut, dikatakan, pusat Seribu Rumah Gadang. Nantinya bangunan tersebut akan diperbaiki dengan jumlah 138 unit rumah gadang.

“Dari angka itu, sudah diinventarisasi dan disurvei oleh lembaga cagar budaya, yang rusak sedang dan berat ada 40 buah. Angka ini yang dilaporkan kepada MenPUPR dan Presiden. Jadi bantuan untuk itu ada Rp110 miliar,” jelasnya.

Ia mengaku hal tersebut di luar dugaan pemerintah. Pemerintah di Solok Selatan belum sempat evaluasi dan inventarisasi dan hitung biaya perbaikan 836 rumah gandang.

Baca Juga
Lihat juga...