Tabur Puja Menopang Usaha Warung Kelontong

Editor: Koko Triarko

291

PADANG — Tinggal di kawasan pabrik di Kelurahan Pitameh Tanjung Saba Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat, membuka usaha merupakan langkah yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Dan, di kawasan ini terdapat Posdaya Bunga Tanjung, yang melalui pinjaman lunak Tabur Puja, turut menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Di kawasan yang padat penduduk tersebut, warung kelontong mendominasi jenis usaha yang dijalankan warga.

Ketua Posdaya Bunga Tanjung, Sayu Putu Ratniati/Foto: M. Noli Hendra

Ketua Posdaya Bunga Tanjung, Sayu Putu Ratniati, mengatakan dari 85 orang yang mengajukan pinjaman modal usaha ke Tabur Puja di Posdaya Bunga Tanjung, bisa dikatakan sebagian besar menjalani usaha warung kelontong.

“Dari 85 orang itu, 80 persennya menjalankan usaha warung kelontong, sedangkan lainnya bergerak di kerajinan,” sebutnya, Kamis (29/3/2018).

Ia menjelaskan, alasan banyaknya masyarakat yang berdagang warung kelontong, karena penduduk yang cukup padat di kawasan Kelurahan Pitameh Tanjung Saba Nan XX. Dari data yang dimiliki, ada sekira 300 KK yang masuk dalam kawasan Posdaya Bunga Tanjung.

Menurutnya, dengan adanya usaha warung kalontong itu kondisi perekonomian masyarakat terlihat lebih bergeliat. Apalagi, masyarakat di Kelurahan Pitameh Tanjung Saba Nan XX, pada umumnya merupakan pekerja buruh, sehingga secara ekonomi berada di Keluarga Sejahtera 1 (KS 1).

Tidak hanya itu, pemanfaat Tabur Puja di Posdaya Bunga Tanjung merupakan nasabah yang sudah lama, dan telah mencapai putaran pinjaman Rp5 juta, dengan kemacetan atau tunggakan kredit 0 (nol) rupiah.

“Kita di Posdaya tentunya mendukung usaha-usaha yang dijalankan oleh pemanfaat Tabur Puja. Bahkan, pada setiap membayar kredit pinjaman, selalu ditanya kondisi usahannya. Selain itu, juga diberi arahan cara menjalankan usaha,” jelasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.