Tanamkan Cinta Pramuka, Ratusan Pelajar Ikuti Galang Terampil

Editor: Satmoko

602

BALIKPAPAN – Sebagai sarana menyalurkan kreativitas dan energi generasi muda sekaligus menanamkan kecintaan menjadi anggota pramuka, ratusan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Balikpapan mengikuti Lomba Galang Terampil ke IV tahun 2018 yang digelar di SMPN 3, Sabtu (24/3/2018).

Dalam pembukaan, Plt Wali Kota Rahmad Mas’ud mengungkapkan, kegiatan yang digelar oleh pramuka seperti lomba galang terampil ini dapat menjadi sarana menyalurkan kreativitas dan energi generasi muda. Tidak hanya itu, dapat juga sebagai media menanamkan kecintaan menjadi anggota pramuka yang selalu aktif dan dinamis serta memiliki jiwa sosial tinggi.

“Ini menjadi penting karena seiring dengan perkembangan zaman kita dihadapkan pada perubahan pola perilaku masyarakat yang sekarang ini seakan cenderung menjadi lebih individualis dan skeptis, terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di sekitarnya,” paparnya, di SMPN 3, Balikpapan Utara.

Ketua Kwarcab Balikpapan Rahmad Mas’ud. Foto: Ferry Cahyanti

Adanya perubahan perilaku itu, menurutnya, tidak lepas dari kemajuan teknologi yang semakin memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai hal secara sendiri tanpa perlu banyak interaksi dengan orang lain.

“Apabila kita tidak segera menyadari dan mengikuti pola ini, maka hal ini akan menjadi permasalahan yang sangat serius. Khususnya di negara Indonesia yang dibangun berlandaskan dengan nilai-nilai kegotong-royongan,” ungkap Ketua Kwarcab Balikpapan ini.

Untuk itu, melalui kegiatan pramuka ini diajarkan untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan memupuk rasa kebersamaan. Karena kelak dari hal tersebut dapat menjadi perekat yang kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan dan kesulitan.

“Harapannya kegiatan ini menjadi stimulus guna meningkatkan minat generasi muda khususnya tingkat pelajar SMP untuk mengikuti pramuka,” harapnya.

Sebelum Lomba Galang Terampil dimulai, dilakukan pembacaan ikrar anti-hoax yang diikuti ratusan anggota pramuka dan kakak pembina pramuka.

Baca Juga
Lihat juga...