banner lebaran

Targetkan Sentra Produksi, Balikpapan Bantu Benih Bawang Merah

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

226
Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Yosmianto. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus berupaya membudidaya bawang merah untuk menjadi sentra produksi dan memenuhi kebutuhan daerah sendiri. Upaya itu, tidak hanya menambah jumlah lahan dan petani namun juga memberikan bantuan benih.

Sejak tiga tahun terakhir, kawasan Balikpapan Timur dan Utara mendapat perhatian serius dari Pemkot. Hasil dari panen, dikembangkan untuk bibit bagi petani binaan Bank Indonesia cabang Balikpapan.

“Tahun ini Pemkot Balikpapan melalui APBD ada memberikan bantuan benih kepada satu kelompok tani yang nilainya sekitar Rp50 juta,” terang Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, Yosmianto, Senin (26/3/2018).

Menurutnya, bantuan yang akan diberikan itu untuk lahan satu hektare dan masih dicari kelompok tani mana yang akan memperoleh bantuan.

“Targetnya semester I 2018 sudah dapat diberikan agar petani dapat berproduksi,” katanya.

Bantuan benih juga diberikan dari provinsi Kalimantan Timur untuk petani. Selama ini provinsi Kaltim baru bisa memenuhi kebutuhan bawang merah sebesar 10 hingga 20 persen. Sedangkan sisanya didatangkan dari luar daerah seperti Jawa dan Sulawesi.

Adapun daerah yang melakukan penanaman bawang merah yaitu Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan dan Samarinda.

“Panen yang diperoleh untuk per hektare sekitar 12 ton untuk basah,” tandas Yosmianto.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.