banner lebaran

Terancam Sanksi FIFA, Pelatih PSIM Yogya Enggan Ambil Pusing

Editor: Irvan Syafari

252
Erwan Hendarwanto, Pelatih PSIM Yogyakarta- Foto: Sodik

YOGYAKARTA –– Kompetisi Liga 2 belum lagi bergulir, namun PSIM Yogyakarta sudah dibayangi sanksi dari FIFA. Penyebabnya adalah tunggakan gaji tiga pemain asing asal Belanda, yang pernah membela Laskar Mataram pada 2012 silam.

Namun, pelatih PSIM Erwan Hendarwanto enggan ambil pusing. Ia memilih fokus mempersiapkan tim yang akan turun di kompetisi kasta kedua Tanah Air. Ia juga menginstruksikan anak asuhnya untuk melakukan hal serupa, mengabaikan kemungkinan adanya sanksi dari FIFA.

“Saya tidak mau ambil pusing memikirkan kemungkinan sanksi. Bisa kacau nanti. Saya juga minta anak-anak untuk tidak ikut mikirkan hal tersebut. Urusan kami itu teknis di lapangan saja, sementara di luar atau nonteknis itu sudah ranahnya manajemen,” ucap Erwan, Kamis (29/3/2018).

Sanksi dari otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA, menghantui Laskar Mataram. Tim kebanggaan Brajamusti dan The Maident masih memiliki tunggakan gaji terhadap trio Belanda, Lorenzo Rimkus, Christian Adelmund, dan Emile Linkers.

Secara keseluruhan, total tunggakan PSIM mencapai Rp700 juta yang harus dibayarkan manajemen PSIM dengan tenggat waktu pada 28 Maret kemarin.

“Kami sudah berkorespondesi dengan PSSI, sudah meminta bantuan mereka untuk mengkomunikasikan ke FIFA. Kami tetap akan bertanggung jawab melunasi tunggakan dengan mekanisne angsur, termasuk menjelaskan pula duduk perkara mengapa tunggakan itu bisa muncul,” ucap Agung Damar Kusumandaru, Manajer PSIM.

Sementara Erwan, kembali menegaskan pihaknya masih berpedoman pada rencana awal kompetisi yakni tanggal 7 April. Dengan begitu, jadwal yang disiapkan tim pelatih masih belum mengalami perubahan meski ada informasi yang menyebut bahwa kompetisi baru mulai bergulir pada 14 April mendatang.

Erwan juga menyebut pihaknya baru saja memulangkan tiga pemain seleksi, yakni Fastabikul Khoirot dari Persijap Jepara, lalu Fandi Ahmad (Borneo FC) dan Nizar (Kepri FC). Bahkan dua nama pemain yang disebut terakhir ini sempat diajak tim saat beruji coba dengan tuan rumah PSCS Cilacap yang berakhir imbang tanpa gol akhir pekan lalu.

“Ketiganya belum sesuai yang kami inginkan. Makanya kami segera pulangkan ke daerah asalnya dan segera kami cari alternatif pemain untuk melengkapi skuad,” tandas Erwan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.