Terkait Pilkada, Panglima TNI dan Kapolri Berikan Pengarahan di Balikpapan

Editor: Irvan Syafari

194

BALIKPAPAN — Terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pileg dan Pilpres 2019, Panglima TNI dan Kapolri menjamin netralitas jajaran personelnya selama pelaksanaan.

Untuk menjaga netralitas itu ribuan personel TNI dan Polri Provinsi Kalimantan Timur diberikan pengarahan langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, pada Rabu (28/3/2018), di Gedung Dome Balikpapan.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, dalam menyamakan pola pikir dan tindakan untuk soliditas seluruh jajaran pimpinan hingga satuan paling bawah diberikan pengarahan guna menjamin netralitas TNI Polri dalam pelaksanaan pemilu.

“Menjamin netralitas pada pesta demokrasi yakni Pemilukada 2018 dan tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019,” tegasnya usai memberikan pengarahan di Dome Balikpapan, Rabu (28/3/2018).

Ia yakin dengan tujuan netralitas dapat tercapai dan Pemilukada, Pileg dan Pilpres dapat berjalan aman, sukses dan lancar.

“Saya yakin tujuan netralitas itu bisa tercapai. Pemilukada serta Pileg dan Pilpres bisa berjalan aman, sukses dan lancar,” ucap Panglima TNI.

Di kesempatan yang sama Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, pengarahan bersama yang dilaksanakan ini menjadi bukti di mana TNI dan Polri di Kaltim sangat kompak dan menjadi modal dasar stabilitas keamanan.

“Kami menekankan soliditas terus berlanjut di semua level dari pimpinan sampai ke tingkat bawah,” tandasnya.

Dia juga minta agar anak buahnya di Korps Bhayangkara menjaga dan menjalin komunikasi bersama TNI. “Punya kegiatan bersama dan mendekatlah ke masyarakat,” imbuhnya.

Bahkan Tito menegaskan TNI dan Polri tidak memiliki hak pilih dalam semua jenis pemilihan umum. “Kami yakin dengan menjaga netralitas maka keamanan di Kalimantan Timur dapat dikelola dengan baik. Kami juga menjamin pemilihan kepala daerah berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Kedua petinggi militer ini memberikan pengarahan kepada ribuan prajurit di Kalimantan Timur dengan menekankan aspek netralitas pada TNI dan Polri selama pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.