banner lebaran

Timnas U-19 Indonesia Butuh Lawan Selevel

198
Pelatih Timnas U-19 Indonesia Bima Sakti - Foto : pssi.org

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia Bima Sakti menyebut, skuatnya butuh lawan uji coba yang kualitasnya selevel atau lebih kuat. Laga uji coba menghadapi timnas U-19 Jepang pada Minggu (25/3/2018) menjadi salah satu yang dicontohkan.

Bima menyebut, menghadapi lawan selevel atau lebih kuat akan menjadi bagian dari persiapan menghadapi kompetisi berikutnya. Pertandingan Jepang kontra timnas U-19 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta berakhir 1-4 untuk kemenangan tim tamu.

“Saya berterima kasih kepada PSSI bisa mempertemukan kami dengan Jepang dan itu tantangan yang bagus. Di laga persahabatan berikutnya kalau bisa kami menghadapi tim yang selevel atau lebih kuat agar kami bisa mengukur kekuatan,” ujar Bima Sakti usai ujicoba versus Jepang tersebut.

Lawan-lawan yang diharapkan dapat menjadi mitra uji coba berikutnya berasal dari negara-negara Asia Barat atau Timur Tengah. Selain soal ukur-mengukur kualitas tim, laga versus negara-negara dari wilayah tersebut dianggap dapat memberikan gambaran persaingan di Piala Asia U-19 yang berlangsung pada 18 Oktober-4 November 2018 di Indonesia.

“Memang boleh saja kami melawan timnas yang levelnya di bawah, tetapi itu dapat menimbulkan euforia kemenangan yang sesaat,” kata Bima Sakti.

Timnas U-19 sendiri dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-18 2018 pada 2-14 Juli 2018 dan Piala Asia U-19 2018 pada 18 Oktober-4 November 2018. Kedua turnamen ini akan berlangsung di Indonesia. Sebelum menjalani pertandingan-pertandingan uji coba lanjutan, timnas U-19 dijadwalkan kembali menjalani pemusatan latihan (TC) mulai April 2018.

“TC ke depan akan berjalan lebih panjang. Kami akan memperbaiki kekurangan-kekuranangan yang ada termasuk ikatan atau chemistry pemain di semua lini. Semoga ke depan bisa lebih baik,” tutur Bima.

Tim nasional U-19 Indonesia ditundukkan timnas U-19 Jepang dengan skor 1-4 dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu. Keempat gol Jepang di laga tersebut dicetak oleh Miyashiro Taisei (di menit ke-15 dan 49′), Yamada Kota (48′) dan Ando Mizuki (penalti, 79′). Sementara gol Indonesia diciptakan Aji Kusuma di menit ke-90+4.

Dengan hasil tersebut, timnas U-19 Indonesia sudah mencatatkan dua kali kekalahan dari dua uji coba di tahun 2018 di bawah kepemimpinan pelatih Bima Sakti. Di uji coba pertama, Hanis Saghara dan rekan dikandaskan timnas U-23 Indonesia dengan skor 0-5. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.