Tingkatkan Minat Masyarakat, Perpustakaan Balikpapan Tambah Ruang Membaca

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

195

BALIKPAPAN — Upaya meningkatkan minat baca terhadap masyarakat Balikpapan dan akan pentingnya buku, Pemerintah Kota melalui Kantor Perpustakaan terus meningkatkan fasilitas dan prasarana.

Tahun ini, Balikpapan menambah ruang membaca bagi pengunjung online perpustakaan yaitu IBalikpapan. Mengingat ruang membaca tidak hanya datang, namun ada fasilitas di luar Gedung yang bisa digunakan untuk membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Heri Misnoto menjelaskan, tahun ini telah dianggarkan pembangunan gazebo di sekitar lahan yang kosong kantor perpustakaan Balikpapan.

“Satu gazebo akan dibangun dengan anggaran Rp150 juta. Anggaran itu nantinya akan dibuatkan jalan masuk ke gazebo, dan taman agar suasana membaca lebih menarik dan tenang. Sekarang sudah ada tiga gazebo yang sudah sering digunakan anak-anak sekolah untuk tugas kelompok dan membaca untuk mahasiswa,” katanya Kamis, (22/3/2018).

perpustakaan balikpapan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Balikpapan, Heri Misnoto – Foto: Ferry Cahyanti

Dengan banyaknya ruang membaca, pihaknya menargetkan akan meningkatkan minat masyaraka pada buku yang ada di perpustakaan.

“Buku yang paling dicari oleh pembaca adalah tentang pengetahuan psikologi, cerita fiksi, novel dan pengetahuan lainnya. Pengunjung yang datang ke perpustakaan sekitar 400 orang, sedangkan yang membaca dari aplikasi IBalikpapan sekitar 300 pengunjung sehingga ditotal dalam sehari bisa mencapai 700 pengunjung,” sebut Heri yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pasar Balikpapan.

Menurutnya, saat ini ada peningkatan jumlah pembaca sehingga tahun depan rencana akan ada penambahan judul buku.

Saat ini Perpustakaan Daerah Balikpapan memiliki koleksi sebanyak 29.319 judul buku. Buku-buku tersebut meliputi bidang pendidikan, fiksi, karya ilmiah, ilmu tempa, pengetahuan umum, dan lain-lain. Di gedung perpustakaan juga terdapat pojok perpustakaan koleksi buku Bank Indonesia Balikpapan tentang literasi keuangan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.