Titiek Soeharto Dorong Pertanian Organik Dikelola Profesional

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

795

YOGYAKARTA — Anggota Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Haryadi SE (Titiek Soeharto) mendorong pengembangan pertanian organik di Indonesia agar dikelola secara profesional. Baik itu dalam proses produksi, maupun dalam kelembagaan kelompok petani, dengan tujuan menyejahterakan petani.

“Kebersihan dan higienisitas proses pengolahan hasil pasca panen harus terus ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan harga jual produk. Kelompok sebaiknya juga memiliki badan hukum, misalnya dengan membentuk koperasi. Dengan begitu akan mempermudah akses bantuan dari pemerintah,” ujarnya saat mengunjungi Tani Organik Merapi di dusun Balangan Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Jumat (02/03/2018).

Titiek Soeharto
Titik Soeharto memberi bantuan pada para perani organik di kawasan Cangkringan, Sleman – Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain meninjau langsung pengelolaan usaha pertanian organik, mulai dari proses penjernihan air irigasi, pembuatan pupuk organik, penanaman berbagai jenis sayur, hingga proses pengemasannya, Titiek Soeharto juga melakukan dialog bersama para petani organik di kawasan Wukirsari, Cangkringan.

Selain bertujuan menyerap aspirasi petani, dialog juga dilakukan untuk memberikan solusi atas berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi petani.

“Saya sengaja memilih di Komisi IV yang membidangi pertanian, peternakan, perikanan dan lingkungan hidup, agar bisa dekat dengan para petani. Serta meneruskan cita-cita Pak Harto, agar semua petani, peternak dan nelayan di Indonesia bisa sejahtera,” katanya.

Selain itu, Titiek Soeharto sendiri juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Tani Organik Merapi, yang menjadi salah satu pelopor usaha pertanian organik di DIY. Ia berharap agar usaha pertanian organik semacam ini dapat terus dikembangkan, dan menjadi contoh bagi daerah lain, baik di DIY maupun luar DIY.

“Pertanian organik memiliki potensi ekonomi sangat tinggi. Karena produk hasil pertanian organik sangat disukai masyarakat. Selain baik untuk kesehatan, produk pertanian organik juga ramah lingkungan karena tidak mengunakan pupuk kimia berbahaya,” katanya.

Titiek Soeharto
Titiek Soeharto ikut melakukan proses pengemasan produk hasil pertanian organik saat berkunjung ke Tani Organik Merapi- Foto: Jatmika H Kusmargana

Tani Organik Merapi merupakan sebuah usaha pertanian organik, yang memproduksi berbagai jenis sayuran organik. Selain mendorong para petani menghasilkan produk organik, Tani Organik Merapi juga menampung produk yang dihasilkan para petani binaan, untuk dikemas dan dipasarkan ke supermarket-supermarket di wilayah DIY.

Baca Juga
Lihat juga...