Titiek Soeharto Tekankan Pentingnya Embung

Editor: Koko Triarko

633

YOGYAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Haryadi, mendorong pemerintah memperbanyak program pembuatan embung di sejumlah daerah sebagai upaya membantu mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Keberadaan embung dinilai sangat penting bagi warga, khususnya petani karena memiliki banyak fungsi. Selain dapat menjaga kondisi air tanah dan sumber irigasi lahan pertanian, embung juga dapat berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan mencegah banjir. Tak hanya itu, embung juga dapat dimanfaatkan untuk sektor pariwisata, sarana rekreasi hingga olahraga.

Hal itu diungkapkan putri Presiden Seoharto yang akrab disapa Titiek Soeharto tersebut, saat menanggapi keluhan masyarakat terkait masih minimnya keberadaan embung di wilayah mereka, dalam acara Temu Tani dan Dialog bersama Anggota Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto, di Sleman dan Gunungkidul, baru-baru ini.

Titiek Soeharto saat berdialog dengan warga masyarakat dan petani dalam acara temu tani di Balai Desa Salam, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. –Foto: Jatmika H Kusmargana

“Masih banyak petani yang membutuhkan embung. Karena itu, kami minta pemerintah supaya bisa tambah bantuannya, terutama pembuatan embung. Apalagi, seperti di daerah Gunungkidul, saat kemarau kondisinya akan sangat berat, karena tidak ada air. Nanti kita akan bantu mengupayakan,” katanya.

Dengan kapasitasnya sebagai Anggota Komisi IV DPR RI, yang membidangi pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan lingkungan hidup, ‘Putri Cendana’ ini secara rutin turun ke daerah untuk bertemu dan berdialog langsung dengan petani.

Selain menjalankan tugasnya dalam melakukan fungsi pengawasan, Titiek Soeharto juga turun ke masyarakat untuk mendapatkan masukan dan menyerap aspirasi warga.

“Saya sengaja memilih Komisi IV, agar bisa berinteraksi dan membantu petani dan nelayan. Ini untuk mewujudkan cita-cita Pak Harto, yakni menjadikan hidup petani dan nelayan lebih sejahtera,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...