Tyasno Sudarto: Pak Probo Negarawan dan Pancasilais Sejati

Editor: Irvan Syafari

YOGYAKARTA — Jenderal TNI Purn Tyasno Sudarto mengatakan, Almarhum Probosutedjo merupakan sosok negarawan sekaligus pancasilais sejati. Pasalnya meski bukan merupakan orang pemerintahan, adik Presiden Kedua RI HM Soeharto itu senantiasa mendarmabaktikan hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara, sesuai Pancasila dan UUD 1945.

“Beliau itu pancasilais sejati. Beliau adalah negarawan. Memang beliau pebisnis, ekonom, tapi semua bukan untuk sendiri. Melainkan untuk menjalankan tugas kenegaraan. Walau bukan orang pemerintahan, tapi apa yang telah dilakukan beliau merupakan tugas pokok Pemerintah. Itu kehebatan Pak Probo,” ujarnya.

Menurut Mantan Ketua Majelis Luhur Taman Siswa itu, apa yang telah dilakukan Pak Probo semasa hidup terkadang justru melebihi apa yang sudah dilakukan dan dipikirkan orang pemerintahan sendiri. Pak Probo, secara langsung menjalankan tugas-tugas Pemerintah sebagaimana tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945.

“Dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945 tercantum, tugas Pemerintah ada 4, yakni melindungi seluruh rakyat dan tanah air, meningkatkan kesehatan dan kemakmuran rakyat, meningkatkan ilmu pengetahuan, serta melakukan kerja sama luar negeri. Itu semua dilakukan Pak Probo. Belum tentu pemikiran orang di pemerintahan melebihi Pak Probo. Kadang Pemerintah justru lupa menjalankan tugas itu,” katanya.

Dikatakan Tyasno Sudarto, dari hasil bisnis yang dilakukannya, Pak Probo banyak memiliki sejumlah bidang tanah. Dan tanah-tanah itu tidak digunakan untuk kepentingannya sendiri, melainkan untuk diberikan pada bangsa dan negara, seperti untuk membangun sekolah, perguruan tinggi, membangun tempat-tempat latihan pertahanan, maupun kepentingan bangsa dan negara lainnya.

“Semua itu dikoordinir oleh Pak Harto sebagai Presiden. Pak Harto tahu ini, sehingga memanfaatkan perjuangan para pengusaha seperti Pak Probo untuk kepentingan masyarakat. Jadi sebagai jembatan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat,” katanya.

Kepada Taman Siswa sendiri, Pak Probo selalu mendukung apa yang dijalankan perguruan yang didirikan Ki Hadjar Dewantara itu. Pak Probo pernah memimpin Taman Siswa di wilayah Sumatera Utara.

“Jadi Pak Probo itu juga seorang Taman Siswa. Memang cita-cita Pak Probo saat ini belum tercapai. Tapi apa yang beliau lakukan selama hidupnya selalu melangkah ke sana. Menjadi tugas generasi penerus untuk melanjutkan cita-cita luhur beliau,” pungkasnya.

Lihat juga...