UNP Targetkan Penuhi Kebutuhan Guru

375
Aktivitas guru, ilustrasi -Dok: CDN

PADANG – Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menargetkan lulusan kampus tersebut dapat memenuhi kebutuhan guru di Asean.

“Kami berupaya calon guru yang lulus dari kampus ini tidak hanya memenuhi kebutuhan nasional, tapi juga di Asean”, kata Rektor UNP, Prof. Ganefri, di Padang, Kamis (15/3/2018).

Menurut dia, dalam merealisasikan hal itu pihaknya telah membuka 14 program studi internasional. Kelas tersebut diisi oleh mahasiswa dari kawasan Asean.

Ke-14 program studi internasional itu berbahasa Inggris, yaitu Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Kemudian Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi.

Selain itu, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Teknik Elektro. “Seluruh program studi itu tingkat strata satu (S-1) kependidikan”, kata dia.

Selain itu, mahasiswa UNP juga melakukan praktik lapangan di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, sehingga menambah pengalaman mereka dalam mengajar dan begitu sebaliknya.

Dalam meningkatkan kualitas lulusan, pihaknya juga mendorong seluruh dosen di kampus itu melakukan pengembangan bahan ajarnya dari hasil riset yang ada di jurnal ilmiah.

“Dosen tidak lagi fokus pada buku akan tetapi jurnal ilmiah yang menawarkan ilmu pengetahuan baru”, ujarnya.

Ia mencontohkan, sistem pendidikan anak pada saat ini tentu berbeda dengan dahulu, saat ini teknologi berkembang dengan pesat sehingga para dosen harus mampu menambah wawasan mereka.

Dosen juga harus melakukan riset untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. “Muara dari ini semua adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan global”, kata dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...